5 Cara Mengecek Kondisi Jantung yang Paling Populer

5 Cara Mengecek Kondisi Jantung yang Paling Populer

5 Cara Mengecek Kondisi Jantung yang Paling Populer. Beberapa hari ini kita dikejutkan dengan meninggalnya Ki Enthus Susmono, dalang terkenal yang juga menjadi calon petahana Bupati Tegal 2018-2023, karena sakit jantung.  Begitu juga kabar duka dari dunia lawak, pelawak terkenal Gogon yang bernama asli Margono ini meninggal dunia disebabkan oleh penyakit jantung yang dideritanya.

5 Cara Mengecek Kondisi Jantung yang Paling Populer

Kasus penyakit jantung di Indonesia menempati urutan pertama penyakit mematikan diantara penyakit lainnya. Penyakit jantung ini terjadi karena adanya gangguan di pembuluh darah utama yang menyupali darah ke jantung. Gangguan ini terjadi akibat adanya penyempitan pembuluh darah karena plag.

Menurut dokter spesialis jantung RS Mayapada dr. Ayuthia Putri Sedyawan, SpJP, yang sebaiknya segera dilakukan apabila mempunyai riwayat penyakit jantung adalah treadmill test, echocardiography dan beberapa test lain. Seperti dikutip dari detikHealth, berikut ini 5 cara mengecek kondisi jantung yang paling populer :

EKG (Elektrokardiografi)

EKG (Elektrokardiografi) adalah tes umum yang digunakan untuk mendeteksi masalah jantung dan memantau status jantung dalam banyak situasi. Sensor (elektroda) yang dapat mendeteksi aktivitas listrik jantung yang melekat pada dada dan terkadang juga bisa di anggota badan.

Treadmill test

Treadmill test dilakukan untuk melihat aktivitas listrik jantung saat jantung diberi beban. Alat yang digunakan sama seperti yang dipakai pada EKG, hanya saja dilakukan sambil berjalan atau lari di treadmill. Jadi sensor elektroda yang melekat pada dada atau anggota tubuh lain akan mendeteksi aktifitas listrik jantung pada saat berjalan atau lari di atas treadmill.

Echocardiography

Echocardiography, atau sering disebut juga USG jantung, menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambaran jantung. Tes yang umum digunakan ini memungkinkan dokter untuk melihat jantung berdetak dan memompa darah. Pergerakan katub jantung dan kondisi otot-otot jantung bisa kelihatan lewat tes ini. Dokter dapat menggunakan gambar dari echocardiography untuk mengidentifikasi penyakit jantung.

Calcium scoring

Calcium scoring merupakan pemeriksaan nilai kalsium pada pembuluh darah jantung menggunakan CT Scan, yang merupakan cara non-invasif (tidak melukai) untuk memperoleh informasi tentang keberadaan, lokasi dan kadar plak di arteri koroner. Nilai kalsium yang didapat merupakan indikator yang berguna untuk melihat seberapa banyak plak di pembuluh darah jantung dan seberapa besar risiko seseorang terkena serangan jantung.

Kolesterol (profil lipid)

Sejumlah tes yang meliputi tes kolesterol, gula darah, tekanan darah dan lain-lain juga perlu diperiksakan untuk melihat faktor risiko penyakit jantung. Jadi sebaiknya, jika ada riwayat penyakit jantung dikeluarga atau ada keluhan tidak nyaman di dada (sesak nafas), sebaiknya diperiksakan ke dokter. Atau memiliki faktor-faktor risiko seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok dan menopause sebaiknya juga melakukan pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *