5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat. Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan hampir setiap orang, terutama wanita. Banyak yang didapat seandainya memiliki berat badan yang ideal, salah satunya penampilan tidak memalukan juga kesehatan tetap terjaga.

5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Memang tidak menjadi jaminan seseorang yang tidak gemuk, bebas dari penyakit, tetapi kegemukan atau obesitas adalah pencetus seseorang akan mudah terserang penyakit. Tetapi tidaklah mudah mendapatkan berat badan ideal sesuai keinginan dan harapan, karena tentu harus ada modifikasi gaya hidup.

Dengan melakukan modifikasi gaya hidup, bukan saja berat badan idela yang akan Anda dapatkan, tetapi juga kesehatan akan bisa tetap terjaga. Lalu bagaimana caranya agar berat badan tetap ideal ? Dilansir dari detikHealth, inilah 5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat.

Olahraga

Aktivitas fisik atau olahraga memegang peran yang sangat penting dalam menjaga berat badan. Selain membakar ekstra kalori, juga meningkatkan laju metabolisme yang artinya keseimbangan energi di dalam tubuh akan lebih terjaga. Kalori yang masuk akan lebih seimbang dengan kalori yang dibakar, sehingga tidak gampang gemuk. World Health Organization (WHO) merekomendasikan aktivitas fisik dengan intensitas sedang kurang lebih 30 menit sehari selama 5 hari dalam sepekan.

Jangan lupa sarapan

Meski aktivitas fisik juga penting, pola makan memegang peran yang jauh lebih penting. Banyak pakar menyebut, berat badan ideal didapatkan 70 persen dari pola makan yang baik dan sisanya adalah olahraga. Dalam menjaga pola makan, sarapan adalah kunci. Banyak penelitian menyebut, sarapan bisa menghindarkan seseorang dari perilaku makan berlebih pada sesi makan berikutnya yakni siang dan malam.

Perbanyak asupan protein

Ada beberapa alasan kenapa harus memperbanyak asupan protein. Pertama, memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga makan tidak berlebihan. Kedua, protein dibutuhkan untuk pembentukan massa otot. Dengan massa otot yang lebih besar, maka laju metabolisme bisa lebih dimaksimalkan untuk menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh. Baca Juga : Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Rendah Karbohidrat

Atur porsi karbohidrat

Asupan karbohidrat sebagai sumber energi utama, terkadang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Ekstra kalori yang tidak terbakar dengan aktivitas fisik itulah yang kemudian disimpan dalam bentuk lemak. Dan ketika seseorang ingin memangkas asupan karbohidrat, seringkali yang dikurangi hanya nasi atau roti dalam menu makan utama. Di luar itu, jajan cilok dan ngemil gorengan yang tepungnya setebal selimut, tanpa disadari telah membuat upaya mengurangi asupan karbohidrat jadi sia-sia.

Latihan dengan beban

Jenis olahraga apa yang cocok untuk menjaga berat badan? Tidak ada yang paling cocok, yang dianjurkan jika ingin sehat adalah harus seimbang. Ada sesi kardiovaskular yang melatih fungsi jantung dan paru-paru, dan jangan lupa memberikan porsi yang cukup untuk latihan beban. Fungsinya apa? Latihan beban membantu pembentukan otot, yang seperti disebutkan sebelumnya akan meningkatkan laju metabolisme di dalam tubuh. Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *