5 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

5 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung. Sampai saat ini penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti banyak orang. Karena seseorang yang mendapat serangan jantung kebanyakan akan berujung pada kematian, dan penyakit ini seperti tidak mengenal usia.

5 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

Faktor utama yang menjadi penyebab terjdinya serangan jantung ini adalah akibat pola makan yang salah. Makan sembarangan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Karena perannya sangat vital, maka nutrisi yang diperlukan jantung hendaknya diperhatikan untuk menjaga kesehatannya.

Lalu nutrisi apa saja sih yang perlu kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi jantung agar tetap sehat dan bisa bekerja maksimal ? Sebenarnya suplemen atau makanan dengan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh jantung tidaklah susah didapat. Sangat mudah ditemukan di sekitar kita, seperti dikutip dari health.detik.com, inilah 5 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung.

Salmon

Ikan salmon dan ikan berlemak lainnya merupakan nutrisi terbaik untuk jantung. Salah satu faktornya karena mengandung banyak asam lemak omega-3. Omega-3 merupakan nutrisi yang baik untuk menurunkan risiko aritmia (denyut jantung tidak teratur) dan aterosklerosis (penumpukan plak di arteri).

Dark chocolate

Dark chocolate memang berperan baik untuk jantung. Mengonsumsi dark chocolate setiap hari dapat mengurangi serangan jantung dan stroke bagi mereka yang berisiko tinggi terserang penyakit ini. Setidaknya cokelat tersebut mengandung 60-70 persen kakao. Dark chocolate mengandung flavonoid atau disebut polifenol (antioksidan) yang membantu dalam mengatur tekanan darah, pembekuan, dan peradangan di tubuh.

Tomat

Tomat tinggi potasium (antioksidan) yang baik untuk jantung. Ditambah, tomat merupakan sumber yang baik dalam membantu menyingkirkan kolesterol ‘jahat’, menjaga pembulu darah tetap terbuka dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan

Kacang almond, walnut, pistachio, dan kacang tanah merupakan kacang-kacangan yang mengandung serat baik untuk jantung kamu. Selain mengandung vitamin E untuk mengurangi kolesterol jahat, beberapa kacang juga mengandung lemak omega-3 dimana memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit jantung.

Minyak zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun empat sendok sehari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik, yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dan gula darah.

Baca Juga : Suplemen untuk Menjaga Jantung Anda Agar Tetap Sehat.

One thought on “5 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *