5 Manfaat Bermain Trampolin untuk Kesehatan Tubuh Kita

5 Manfaat Bermain Trampolin untuk Kesehatan Tubuh Kita. Bermain dengan melompat-lompat diatas trampolin terasa menyenangkan bagi banyak orang. Karena itulah banyak orang yang suka olahraga trampolin. Bahkan olahraga trampolin juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di acara Asian Games 2018.

5 Manfaat Bermain Trampolin untuk Kesehatan Tubuh Kita

Olahraga trampolin sebenarnya bukan hanya menyenangkan bagi pemainnya, tetapi ternyata olahraga ini memiliki manfaat kesehatan yang bisa menjaga tubuh tetap bugar. Lalu apa saja manfaatnya, dikutip dari health.detik.com, inilah 5 Manfaat Bermain Trampolin untuk Kesehatan Tubuh Kita.

1. Meningkatkan kekuatan kaki

Seorang dewasa yang melakukan permaianan olahraga trampolin selama 30 menit dua kali dalam seminggu akan mengalami peningkatan yang baik pada kekuatan kakinya. Hasil yang sama dilaporkan oleh pelatih senam yang secara teratur bermain trampolin.

2. Tulang menjadi lebih kuat

Melakukan lompatan menggunakan tulang secara berulang kali membantu sistem muskuloskeletal membangun dan meningkatkan kandungan mineral pada tulang. Dilakukan secara rutin dapat membantu mencegah tulang rapuh atau osteoporosis.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Latihan trampolin mampu meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh memproses nutrisi lebih efisien. Selain itu trampolin juga membantu menurunkan berat badan.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Saat melakukan gerakan dan lompatan trampolin maka aliran darah akan meningkat, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekuatan efisiensi jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan kekuatan mental

Peningkatan aliran darah ke otak dan aktivitas enzim yang besar dihasilkan dari permainan trampolin. Hal itu dianggap dapat meningkatkan kewaspadaan mental, meningkatkan penglihatan, dan keseimbangan.

Ternyata selain menyenangkan ternyata olahraga trampolin juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Satu alternatif olahraga yang patut dicoba. Tetapi bagi Anda yang baru pertama kali bermain trampolin, agar tidak terjadi cedera yang tidak diinginkan, maka selalu ikuti panduan yang diberikan.

Selamat berolahraga dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *