5 Penyebab Sistem Imun Tubuh Mengalami Penurunan

5 Penyebab Sistem Imun Tubuh Mengalami Penurunan

5 Penyebab Sistem Imun Tubuh Mengalami Penurunan. Imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh seseorang seperti biasa mengalami naik dan turun. Penyebabnya bisa karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat seperti sekarang ini atau karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

5 Penyebab Sistem Imun Tubuh Mengalami Penurunan

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya system imun seseorang sehingga gampang sakit, seperti dikutip dari Rediff :

Stres

Stres kronis dapat meningkatkan kadar kortisol tubuh yang berujung pada menurunnya produksi prostaglandin. Prostaglandin adalah hormon yang mendukung fungsi kekebalan tubuh, melebarkan pembuluh darah, menghambat darah ‘kental’ dan antiinflamasi. Sejumlah penelitian juga telah melaporkan bahwa stres kronis bisa membuat seseorang lebih rentan terkena flu serta masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya.

Pola makan yang salah

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri secara signifikan terhambat hingga 5 jam setelah mengonsumsi gula 100 gram (setara dengan tiga kaleng minuman ringan). Diet yang sehat adalah yang memperhatikan kebutuhan nutrisi harian dengan seimbang.

Kurang tidur

Tanpa tidur yang nyenyak, sistem kekebalan tubuh tidak mendapat kesempatan untuk beregenerasi dan membuatnya menjadi lemah. Kurang tidur dikaitkan dengan berkurangnya jumlah sel T yakni sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur berkualitas cenderung lebih mudah terserang flu dibandingkan yang tidur dengan baik.

Obesitas

Obesitas dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan sel darah putih untuk berkembang biak, menghasilkan antibodi, dan mencegah peradangan. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine pada tikus laboratorium menunjukkan bahwa obesitas mengurangi kemampuan tubuh untuk menghidupkan sistem kekebalan yang diperlukan untuk mengendalikan infeksi influenza.

Kurang gerak dan olahraga

Gaya hidup sedentary adalah musuh yang harus kamu perangi. Cara termudah dengan membiasakan diri untuk berolahraga atau sekedar berjalan kaki. Dengan berolahraga, aliran darah meningkat. Sirkulasi darah yang meningkat mendorong sirkulasi antibodi dan sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi. Kamu bisa memmulai dengan berjalan kaki selama 20 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu untuk membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidak aktif bergerak dua kali lebih sering sakit dalam waktu 4 bulan bila dibandingkan dengan orang yang berjalan cepat hampir setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *