6 Alasan Kenapa Telur Disebut Makanan Paling Sehat dan Bergizi

6 Alasan Kenapa Telur Disebut Makanan Paling Sehat dan Bergizi

6 Alasan Kenapa Telur Disebut Makanan Paling Sehat dan Bergizi. Telur saat ini sedang naik daun, karena harga sudah mulai melambung. Tidak susah untuk mendapatkan sebutir telur, bisa dikonsumsi sebagai lauk maupun sebagai campuran jamu untuk kesehatan dan vitalitas.

6 Alasan Kenapa Telur Disebut Makanan Paling Sehat dan Bergizi

6 Alasan Kenapa Telur Disebut Makanan Paling Sehat dan Bergizi

Bisa dikatakan telur merupakan makanan yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, selain karena kandungan antioksidannya yang unik, ternyata telur bermanfaat juga untuk menutrisi otak dengan baik. Cara mengolahnya juga cukup praktis, tidak salah jika banyak yang menjadikan telur sebagai alternatif pelengkap nutrisi.

Dikutip dari Liputan6.com inilah 6 Alasan Kenapa Telur Disebut Makanan Paling Sehat dan Bergizi :

1. Telur utuh adalah makanan paling bergizi

Sebutir telur mengandung nutrisi yang luar biasa. Telur dipenuhi dengan vitamin seperti vitamin B12, B2, A, B5, dan E, mineral, protein tinggi, lemak baik, termasuk kalsium, zat besi, kalium, sen, mangan, folat dan banyak lagi. Telur megandung 77 kalori, dengan 6 gr protein tinggi, 5 gr lemak dan sejumlah karbohidrat. Perlu diketahui hampir semua nutrisi terkandung dalam kuning telur, putih telur hanya mengandung protein.

2. Telur memang meningkatkan kolestrol, tapi tidak meningkatkan risiko penyakit jantung

Satu telur ukuran besar mengandung 212 mg kolestrol, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Namun, kolestrol hanya memiliki efek minimal pada tingkat kolestrol dalam darah. Hati sebenarnya memproduksi kolestrol setiap hari, namun jumlahnya tergantung dari seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi.

Jika Anda mendapatkan banyak kolestrol dari makanan, hati akan menghasilkan sedikit kolestrol. Jika Anda tidak mengkonsumsi kolestrol, hati akan memproduksi lebih banyak kolestrol. Studi menunjukan bahwa telur meningkatkan kolestrol, namun kolestrol baik, dan menurunkan kolestrol jahat yang mana hal ini seharusnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Telur mengandung kolin, nutrisi penting untuk otak

Kolin termasuk dalam kelompok vitamin B-kompleks. Kolin adalah nutrisi penting bagi kesehatan. Asupan kolin yang rendah dapat menyebabkan penyakit hati, jantung dan neurologis. Nutrisi kolin sangat penting untuk wanita hamil. Kekurangan asupan kolin dapat menyebabkan penurunan kognitif pada bayi.

4. Telur mengandung protein tinggi dengan asam amino sempurna

Protein adalah dasar bagi tubuh untuk menunjang struktural dan fungsional tubuh. Ada sekitar 21 asam amino digunakan tubuh untuk membangun protein. Kualitas protein ditentukan oleh jumlah relatif asam amino esensial, dengan jumlah yang tepat protein akan berkualitas tinggi.

5. Telur mengandung lutein dan zeaxanthin, yang melindungi mata

Ada dua antioksidan yang kuat dalam melindungi mata, lutein dan zeaxanthin. Keduanya ditemukan dalam kuning telur. Antioksidan ini secara signifikan mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Dalam satu penelitian, mengkonsumsi 1-3 kuning telur per hari selama 4,5 minggu dapat meningkatkan kadar zeaxanthin darah sebesar 114-142% dan lutein sebesar 28-50%.

6. Telur membantu menurunkan lemak tubuh

Telur mengandung sedikit karbohidrat, tetapi banyak mengandung protein dan lemak. Telur mendapat predikat makanan yang mengenyangkan. Sehingga tak heran jika mengkonsumsi telur saat sarapan dapat menghilangkan lemak. Wanita yang mengkonsumsi telur akan kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit kalori.

Dilihat dari sudut pandang kesehatan, mengkonsumsi dua butir telur tiap hari, dapat membantu tulang anda menjadi lebih kuat. Selain itu, telur juga menurunkan risiko kanker. Serta masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi telur.

Sumber: Liputan6.com

4 Comments

    1. penderita darah tinggi diperbolehkan mengonsumsi telur 0-2 butir per minggu, tetapi kalau ingin lebih dari itu disarankan mengonsumsi putih telur nya saja

    1. yang takut mengonsumsi telur karena sudah mempunyai riwayat penyakit yang melarangnya mengonsumsi telur khususnya kuning telur, kuning telur biasanya mengandung sekitar 180 – 200 mg kolesterol dan 6 mg lemak, Inilah yang membuat kuning telur ditakuti dan dihindari oleh banyak orang

      merek yang memiliki penyakit jantung, kolesterol tinggu, diabetes, stroke harus waspada dalam mengonsumsi telur, dasarankan 0-2 butir telur perminggu dengan cara direbus, karena kalau digoreng akan meningkatkan kadar lemaknya hingga 50%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *