6 Cara Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi Kehidupan

6 Cara Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi Kehidupan

6 Cara Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi KehidupanMengalami kegagalan adalah sesuatu yang pasti akan dihadapi semua orang, termasuk Anda. Sikap dalam menghadapi kegagalan itulah yang akan membedakan tingkat kematangan seseorang dalam mengarungi kehidupan.

6 Cara Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi Kehidupan

 

Poin penting saat menghadapi kegagalan itu bukan mencari siapa yang salah dan yang benar, tetapi bagaimana bisa segera bangkit dari kegagalan untuk terus maju menyongsong masa depan. Karena masa depan Anda ditentukan oleh sikap dan langkah Anda saat ini.

Dikutip dari Swara Tunaiku, berikut 6 Cara Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi Kehidupan :

1. Boleh kecewa dan marah

Rasa marah dan kecewa merupakan hal wajar saat Anda mengalami kegagalan. Lebih-lebih, apabila kegagalan disebabkan oleh kesalahan orang lain. Saat itu, Anda berhak untuk menangis meraung-raung semalam-suntuk atau tidak membalas chat teman beberapa hari.

Keluarkan semua rasa marah dan kecewa yang ada di hati. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengeksplorasi perasaan Anda. Rasakan secara nyata dan tanyakan pada diri, mengapa Anda marah? Lalu, apa langkah selanjutnya? Tak perlu buru-buru mengambil keputusan saat Anda marah atau kecewa.

2. Belajar rasional pada fakta

Seiring waktu berlalu, rasa kecewa dan marah pun lenyap. Saatnya, Anda melihat kegagalan dengan lebih rasional. Coba sekarang Anda tuliskan apa saja yang terjadi akhir-akhir ini, termasuk pengalaman kegagalanmu.

Dari sini, Anda bisa belajar mengantisipasi kegagalan. Seandainya, kemungkinan Anda menghadapi kondisi yang sama di masa depan, apa yang Anda akan lakukan? Tentu Anda akan mengambil keputusan yang berbeda dari apa yang telah Anda lakukan saat mengalami kegagalan, bukan?

3. Meningkatkan kepekaan pada kegagalan

Perlu Anda ketahui, sekecil apapun keputusan yang Anda ambil, pasti ada konsekuensinya. Dari sini, Anda akan lebih peka untuk mendeteksi potensi kegagalan.

Setiap pilihan yang Anda ambil, pasti juga akan berujung pada hasil yang berbeda. Dengan mengalami kegagalan pada hari ini, Anda bisa menghindarinya di lain kesempatan. Solusinya, harus ada kepekaan diri. Karena terkadang, ada orang yang telah gagal berkali-kali, tapi tidak bisa mengambil pembelajaran dari pengalaman tersebut.

4. Latih ketabahan

Sikap tabah adalah satu cara sukses untuk bangkit dari kegagalan. Memang, sih, Anda nggak bisa punya sikap tabah begitu saja. Karena tiap orang punya kepribadian yang beda-beda. Namun, sikap ini bisa dilatih, kok. Setelah mengetahui apa saja hal yang membuat Anda gagal, Anda harus membuat target baru.

Cari cara untuk memotivasi diri dan segera bangkit dari keterpurukan. Ingat, bahwa Anda masih punya harapan untuk sukses dan butuh waktu untuk meraihnya. Setuju?

5. Segera bangkit dari kegagalan

Tak cukup sekali, banyak orang sudah mengalami berbagai kegagalan dalam meraih target. Dan perlu diakui, bangkit dari kegagalan adalah hal yang sulit. Kendati demikian, Anda harus tetap berjuang untuk bangkit.

Ingat, bahwa Anda berhak untuk memulai hidup dari awal. Entah itu dalam karier, hubungan, maupun menjalin hubungan dengan keluarga yang sudah lama terputus, Anda harus tetap menjalani hidup, meski banyak hal buruk telah terjadi. Nikmati setiap prosesnya, agar Anda bisa menerima kenyataan dan segera bangkit dari keterpurukan.

6. Tidak mengenal kata menyerah

Meski Anda mengalami kegagalan bertubi-tubi, bukan berarti hidup telah berakhir. Siapa, sih, yang tak pernah mengalami kegagalan, merasa sedih, dan kecewa? Meski saat ini Anda merasa hidup telah hancur berkeping-keping, seiring berjalannya waktu semua akan baik-baik saja. Anda hanya butuh sedikit waktu dan keberanian untuk tidak pernah menyerah.

Demikian sekilas info 6 Cara Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi Kehidupan. Semoga bermanfaat.

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *