6 Macam Susu Rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

6 Macam Susu Rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan. Menikmati minuman hangat dengan ditemani camilan disaat cuaca dingin sungguh mengasyikkan. Perpaduan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Membayangkannya saja terasa nikmat, apalagi benar-benar berada dalam suasana seperti itu.

6 Macam Susu Rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Akan terasa nikmat lagi jika minuman hangat yang disajikan adalah susu yang dicampur dengan rempah, tentu akan menambah efek hangat dari minumannya. Selain itu minuman yang mengandung rempah sudah pasti mempunyai efek terhadap kesehatan peminumnya.

Rempah yang sering kita dengan bila dicampur susu adalah jahe. Padahal sebenarnya masih banyak rempah lainnya yang jua tidak kalah khasiatnya apabila dicampur dengan susu. Dikutip dari Merdeka.com, inilah 6 Macam Susu Rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

1. Susu kunyit

Nutrisi alami dari kunyit yang disebut dengan lipopolisakarida membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dalam tubuh secara lebih baik. Hal ini beriringan dengan susu yang juga bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti inflamasi. Selain itu susu kunyit juga berkhasiat mengobati batuk demam, membersihkan liver, menyehatkan pencernaan, mencegah sembelit, membersihkan darah, mengurangi radang sendi, dan meringankan nyeri haid.

2. Susu kayu manis

Penambahan kayu manis pada susu tidak hanya menghasilkan aroma yang lezat, namun juga berkhasiat untuk mengendalikan kadar gula darah tanpa memberikan kalori tambahan. Susu kayu manis juga baik untuk pencernaan, membantu mengontrol kadar gula dalam darah, dan juga baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Untuk membuat susu kayu manis, Anda bisa merebus susu dengan satu ruas kayu manis atau menambahkan kayu manis bubuk pada susu yang sudah masak.

3. Susu jahe

Susu dengan jahe geprek dikenal sebagai minuman penghangat tubuh. Cocok untuk mereka yang sedang masuk angin atau kesehatannya menurun. Selain menghangatkan, susu jahe juga efektif untuk memperbaiki sistem imun, meningkatkan kelancaran pencernaan, mencegah osteoporosi, dan menyamankan tenggorokan yang sakit. Untuk mendapatkan rasa hangat yang maksimal, gunakan jahe merah yang berukuran besar dan masih segar. Seduh dengan susu panas atau rebus bersama tidak jadi masalah.

4. Susu pala

Khasiat utamanya adalah membantu agar kita bisa tidur lebih nyenyak. Dikombinasikan dengan susu yang berkhasiat sama, cocok untuk mereka yang sulit tidur sampai berhari-hari. Selain membuat tidur lebih pulas, susu dengan campuran pala juga bisa menghangatkan tubuh, mencegah kanker, meringankan nyeri pada arthritis, membantu melancarkan pencernaan, merawat kesehatan mulut, mengatasi kegelisahan, dan bisa membantu perawatan eczema.

5. Susu merica

Tahukah Anda, ramuan STMJ (susu-telur-madu-jahe) kadang juga ditambahkan merica agar lebih hangat di badan. Menambahkan sejumput merica halus ke dalam susu hangat juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Antara lain mengatasi migrain, meredakan flu, menyamankan tenggorokan yang sakit, mengurangi infeksi, meningkatkan imunitas, mencegah kanker, dan menguatkan tulang.

6. Susu kapulaga

Ingin olahan susu yang sedikit berbeda? Tambahkan sedikit kapulaga dan jadilah elaichi milk. Menambahkan kapulaga ke dalam susu akan membuat susu jadi lebih sehat. Sebab kapulaga memiliki sifat antiseptik, antispasmodik, dan karminatif yang sangat baik. Minum susu kapulaga akan menjadikan pencernaan lancar, mengurangi inflamasi pada perut, menjadikan napas lebih lega, dan menghangatkan tubuh.

Itulah 6 Macam Susu Rempah dan Manfaatnya untuk Kesehatan, dengan mencobanya Anda akan merasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares