6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspasai

6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspasai. Menurut data Badan Dunia WHO tahun 2012 menunjukkan bahwa 17,5 juta orang di dunia meninggal dunia akibat terkena penyakit kardiovaskuler. Data tersebut setara dengan 31% dari 56,5 juta kematian yang ada di seluruh dunia. Besar bukan ?

6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspasai

 

Lebih menarik lagi adalah bahwa lebih dari tiga perempat kematian itu disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler yang terjadi di negara brkembang dengan penghasilan rendah sampai sedang, dan yang menjadi salah satu negara tersebut Indonesia.

Selama ini orang mengenal bahwa penyakit jantung hanya milik orang tua saja, tetapi fakta sebenarnya untuk saat ini orang yang usianya masih muda yaitu dibawah 35 tahun sudah banyak yang terkena serangan jantung. Penyebab dari penyakit ini juga bermacam-macam, yang lebih sering terjadi adalah akibat keabnormalan jantung dan gaya hidup modern.

Dikutip dari health.detik.com, inilah 6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspasai karena bisa menyebabkan kematian mendadak :

Hypertrophic cardiomyopathy (HCM)

Penyakit ini merupakan penyakit yang diturunkan, di mana otot dinding jantung menebal dan mengganggu sistem kelistrikan jantung. Yang akhirnya akan menyebabkan denyut jantung yang cepat atau aritmia dan bisa berujung mati mendadak. Meski begitu, Hypertrophic cardiomyopathy umumnya tidak selalu fatal. Namun memang menjadi penyebab terbesar dari kematian mendadak akibat jantung pada orang-orang berusia di bawah 30 tahun, terutama para atlet.

Arteri koroner abnormal

Kadang ada beberapa orang yang terlahir dengan pembuluh arteri koroner jantungnya tidak terkoneksi secara normal dan benar. Sehingga menyebabkan arteri tersebut tertekan saat berolahraga dan tidak dapat menyuplai aliran darah secara benar ke jantung.

Sindrom Long QT

Long QT Syndrome atau sindrom Long QT merupakan penyakit turunan yang menyebabkan gangguan ritme jantung. Denyut jantung bisa mendadak cepat dan kacau yang bisa menyebabkan seseorang pingsan. Jika orang pada usia muda terkena sindrom ini, risikonya mati mendadak akan meningkat.

Struktur abnormal jantung

Saat lahir, beberapa orang memiliki penyakit bawaan atau kecacatan. Salah satunya pada jantung, di mana ada struktur yang abnormal sehingga menyebabkan penyakit jantung tak terdeteksi dan keabnormalan otot jantung. Struktur jantung yang tidak normal bisa menyebabkan gangguan fungsinya, sehingga jantung tidak bisa bekerja secara normal dan bahkan bisa menjadi beberapa masalah kesehatan lainnya.

Adanya peradangan di otot jantung

Peradangan pada otot jantung bisa disebabkan oleh virus dan penyakit lainnya. Selain sindrom long QT, abnormalitas jantung pada sistem kelistrikan lainnya seperti sindrom Brugada, juga dapat menyebabkan kematian mendadak.

Commotio cordis

Merupakan penyakit jantung langka yang bisa menyebabkan kematian mendadak, dan bisa terjadi pada siapa saja. Penyakit ini terjadi akibat pukulan telak di dada, sehingga memicu ventricular fibrillation jika pukulan kena saat waktu yang salah pada siklus kelistrikan jantung.

Fibrilasi ventrikel adalah masalah irama jantung yang terjadi ketika jantung berdetak dengan impuls listrik yang cepat dan tidak menentu. Ini menyebabkan ruang-ruang pompa di jantung (ventrikel) bergetar tak berguna, alih-alih memompa darah.

Itulah 6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspasai. Jadi berhati-hati mulai sekarang, jangan dampai penaykit jantung menghantui nyawa Anda.

Baca Juga : Anugerah Bagi Kesehatan Jantung, Maka Sayangi Jantung Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares