Antioksidan untuk Merawat dan Mempercantik Kulit Anda

Antioksidan untuk Merawat dan Mempercantik Kulit Anda

Antioksidan untuk Merawat dan Mempercantik Kulit Anda. Sebagai bagian terluar tubuh, kulit sangat rentan terhadap serangan radikal bebas. Apalagi bagi pekerja dan tinggal di kota besar. Sengatan matahari yang mengandung ultra violet (UV), asap knalpot kendaraan bermotor, serangan AC, polusi udara menjadi penyebab utama kerusakan kulit.

Kehadiran zat antioksidan sangat penting dan dibutuhkan oleh kulit untuk memerangi dan menangkal radikal bebas. Sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan terawat. Satu lagi yang perlu diperhatikan yaitu pemakaian kosmetik yang tidak terstandarisasi kandungannya juga bisa merusak kulit.

Komposisi yang dianjurkan ada dalam kosmetik atau produk perawatan kulit yang kita pakai yaitu :

Vitamin E

Nama lain vitamin E adalah tocopherol atau tocotrienols. Vitamin E mampu menutrisi kulit serta memerangi gejala kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Vitamin C

Hasil penelitian membuktikan bahwa vitamin C berkhasiat mencerahkan wajah sekaligus memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Retinol

Retinol dapat membuat kulit lebih kencang dan bebas dari gejala penuaan dini seperti yang anda inginkan. Selain sebagai antioksidan terbaik, Retinol ini merupakan senyawa anti-aging yang terbukti sangat efektif.  Retinol merupakan bentuk hewani dari vitamin A.

Resveratrol

Formula yang satu ini sudah terkenal mampu meningkatkan produksi kolagen sekaligus memperbaiki sel-sel kulit yang telah rusak. Tak hanya itu, ternyata Resveratrol juga mengandung zat anti bakteri sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat.

Teh Hijau

Green tea dibutuhkan dalam dalam perawatan kulit. Dari berbagai riset telah membuktikan khasiatnya terhadap kecantikan. Produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau juga sangat baik digunakan berbarengan dengan tabir surya karena mampu meningkatkan proteksinya.

Niacianamide

Disebut juga vitamin B3 merupakan antioksidan yang baik untuk meremajakan kulit wajah karena mampu menambah kekuatan perlindungan kulit dari agresi eksternal. Menambah produksi ceramide untuk mengontrol kelembaban. Membantu mengurangi kemerahan. Melambatkan pergerakan melanin ke epidermis kulit untuk mengurangi hiperpigmentasi. Memancing terciptanya kolagen untuk menghindari kulit dari kerutan halus. Membantu memperbaiki kulit yang kusam dan tidak cerah.

Grapeseed Oil

Kaya akan beta-karoten, vitamin D, C, E juga fatty acid seperti palmitic, stearic dan linoleic acid yang telah terbukti efektif mengontrol kerutan juga memudarkan noda pada kulit. Minyak ini juga mengandung polyphenol, antioksidan yang mengurangi tanda penuaan dan munculya acne. Selain itu memiliki efek melembabkan dan oligometric proanthocyanidin di dalamnya atau dikenal juga OPC. Membantu melenyapkan efek radikal bebas di kulit dan melembabkan kulit sehingga menjadi segar.

Charcoal

Charcoal atau arang aktif mempunyai manfaat antibakterial, pelenyap  jamur dan bau tak sedap. Arang terkenal karena kemampuannya menghisap bahan kimiawi perusak dalam air seperti tembaga, timah, merkuri, klorin dan kadmium. Karena area permukaan yang luas, arang yang aktif mempunyai kemampuan menyerap hingga 100 kali beratnya. Oleh karena itu arang merupakan antioksidan yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat karena mampu mengangkat kotoran, racun, membersihkan pori-pori, minyak berlebih dan mengurangi munculnya blackhead dn jerawat. Gunakan masker berbahan dasar charcoal namun pastikan masker anda tidak menggunakan perekat PVA yang dapat memancing reaksi alergi.

Demikianlah penjelasan mengenai bahan-bahan yang seharusnya ada dalam produk perawatan kulit anda. Jangan ragu untuk mengecek kandungan dari bahan kosmetik yang anda gunakan saat ini. Jangan tergiur dengan harga murah tetapi efek yang ditimbulkan akan berharga mahal. Teliti sebelum membeli.

 

Baca Juga : Dampak Negatif Mengkonsumsi Teh Hijau Secara Berlebihan

Sumber : Cosmopolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares