Aturan Diet dari Ahli Nutrisi Jika Ingin Langsing dan Tetap Sehat

Aturan Diet dari Ahli Nutrisi Jika Ingin Langsing dan Tetap Sehat. Semua orang pasti ingin mempunyai badan sehat. Sebgian besar orang terutama wanita pasti menginginkan memiliki tubuh yang langsing tapi tetap sehat. Untuk mendapatkan tubuh langsing yang sering dilakukan adalah diet.

Aturan Diet dari Ahli Nutrisi Jika Ingin Langsing dan Tetap Sehat

Dalam menjalani program diet tentu harus diperhatikan agar tubuh tetap sehat. Untuk itu penting diperhatikan saran dari ahli nutrisi jika ingin menjalani program diet tapi tubuh tetap terjaga kesehatannya. Tidak ada yang namanya kekuangan gizi karena terlalu membatasi makanan. Akhirnya bukan tubuh langsing yang didapat, tetapi badan menjadi sakit.

Jenis dan pola diet baru terus bermunculan. Tetapi tidak semuanya baik untuk kesehatan. Kalau mau mencoba pola diet tertentu, pastikan tetap memperhatikan 3 hal penting anjuran para ahli gizi. Salah satu ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD menjelaskan ketiganya sebagai berikut :

Pola makan
“Pola makan bukan sekadar berapa banyak (kuantitas) makanan yang dikonsumsi, melainkan juga kualitas makanan,” jelas Jansen. Ahli gizi menganjurkan tingkatkan konsumsi buah dan sayur tinggi serat, minimal 3-5 porsi dalam sehari.

“Pilihlah sayur dan buah yang berwarna-warni. Dengan mengonsumsi makanan yang berwarna-warni, semakin beragam vitamin dan mineral yang diperoleh,” tambah Jansen. Kandungan fitonutrisi dalam buah dan sayur juga punya manfaat berbeda-beda untuk kesehatan. Salah satunya sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas pemicu berbagai penyakit kronis.

Penuhi juga asupan protein harian setidaknya 1 gram dikali berat badan. Jansen menjelaskan, “Protein sangat penting untuk regenerasi sel, daya tahan tubuh, produksi enzim hingga fungsi fisiologis tubuh lainnya.” Selain itu, konsumsi makanan olahan atau makanan instan terutama yang mengandung lemak trans sudah harus dibatasi.

Aktivitas fisik
Bukan hanya pola makan, diet sehat harus disertai aktivitas fisik atau olahraga rutin. Jansen mengatakan, “Olahraga yang dianjurkan adalah 3 kali dalam seminggu, selama 30-60 menit. Jika bisa rutin setiap hari tentunya akan lebih baik lagi.

Tidur
Tidur cukup kerap dikesampingkan banyak orang saat jalani diet. Padahal tidur 6-8 jam sehari sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit. “Selain jumlah jam yang cukup, tidur sebaiknya rutin dalam rentang jam 20.00-23.00 agar berkualitas,” tambah Jansen. Bukan tanpa alasan, pada rentang waktu tersebut produksi hormon melatonin sedang tinggi sehingga kualitas tidur juga ikut meningkat.

Bagi anda yang ingin mendapatkan pola diet ideal serta tidak mengganggu pola nutrisi yang harus masuk kedalam tubuh, bisa anda dapatkan semuanya dengan klik DISINI

Sumber : detikfood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *