Cara Aman Melakukan Transaksi Online di Era Milenial

Cara Aman Melakukan Transaksi Online di Era Milenial. Di era sekarang ini, melakukan transaksi online sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Seringkali kita melakukan transaksi online dengan menggunakan smartphone kita. Baik itu hanya sekedar bayar ojeg online, berbelanja ataupun bayar tiket pesawat.

Cara Aman Melakukan Transaksi Online di Era Milenial

Kemajuan tehnologi itupun bukan tidak ada dampak negatif nya bagi kita. Karena para pelaku kejahatan tentunya akan berusaha semaksimal mungkin bisa memperdayai kita dengan transaksi online tipuan mereka. Tetapi kita tidak perlu khawatir akan hal itu, karena semua bisa diantisipasi sejak dini agar kita tidak tertipu.

Biasanya dalam notifikasi yang dikirim ke smartphone kita suka ada yang mengirimkan sebuah link yang mengarah pada satu alamat situs tertentu. Bagi mereka yang tidak jeli dengan link tersebut bisa jadi akan menjadi korban dan sasaran empuk para pelaku.

Satu contoh yang mungkin bisa dipelajari seandainya Anda mendapat notifikasi dari SMS atau whatsapp dengan mencantumkan link https://promohadiah-shopee.blogspot.com/?m=1. Bagi mereka yang tidak jeli pasti akan klik link tersebut. Padahal link asli dari Shopee adalah https://shopee.co.id/.

Agar bisa mengetahui bahwa domain itu asli atau palsu, adalah dengan menganalisa domainnya. Sebagai contoh dari domain asli suatu situs adalah memiliki akhiran .com, .co.id, .id, .net, .go.id, .sch.id serta yang lainnya.

Untuk kasus Shopee diatas, yang menjadi alamat domain adalah blogspot.com dan ini adalah nama blog gratisan. Sangat mudah membuat nama situs dengan menggunakan blospot.com, Anda pun bisa. Sedangkan nama domain asli Shopee adalah https://shopee.co.id/.

Namanya penipu pastinya punya cara pintar agar link yang diberikan ke mangsanya terlihat seperti aslinya. Sebagai contoh situs https://www.mywebsite.com/home.php?www.hsbc.com, terlihat bahwa situs tersebut seolah-olah situs milik HSBC, padahal itu situs tipuan.

Contoh lain www.twitter.trendingnow.com, sekilas situs tersebut merupakan situs twitter, padahal itu adalah situs www.trendingnow.com. Atau https://www.bank.ofamerica.com/accountverification, yang terlihat mirip seperti situs dari Bank of America. Padahal situs asli Bank of America adalah www.bankofamerica.com, sedang link yang mirip tersebut situs asli dari www.ofamerica.com.

Kemudian situs https://wwwamazon.com/ yang sangat mirip dengan situs milik Amazon. Padahal situs yang asli adalah www.amazon.com, bukan wwwamazon.com. Ada lagi situsnya facebook, www.facebook-security-alerts.com, padahal tulisan aslinya adalah www.facebook.com/security. Penggunaan tanda strip (-) pada www.facebook-security-alerts.com, menunjukkan nama domain itu merupakan satu kesatuan. Jadi berhati-hatilah.

Amazon juga ada situs tipuan lain https://www.amazon.order-updates.co.uk. Situs aslinya adalah www.order-updates.co.uk dan bukan situs milik e-commerce besar Amazon. Situs Amazon yang asli seperti yang sudah disampaikan diatas adalah www.amazon.com.

Jadi waspadalah pada orang-orang yang meminta Anda untuk mengisi hal-hal yang privasi atau rahasia seperti password, PIN atau kode unik pada ATM dan kartu kredit. Itulah sekilas mengenai Cara Aman Melakukan Transaksi Online di Era Milenial, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Lima Macam Obat yang Tidak Boleh Diminum dengan Teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *