Cara Menjaga Anak Agar Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Cara Menjaga Anak Agar Tetap Sehat di Musim Pacaroba

Cara Menjaga Anak Agar Tetap Sehat di Musim Pancaroba. Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, sangat riskan bagi kesehatan. Terutama jika badan kita sedang dalam kondisi tidak prima. Tentunya juga anak-anak kita jika tidak dalam kondisi prima juga bisa terserang penyakit.

Cuaca dari pagi sampai sore panas terik kemudian hujan deras. Nah, di musim seperti ini biasanya tidak cuma orang dewasa, anak-anak pun mudah terserang penyakit. Supaya hal itu tidak terjadi apa yang bisa dilakukan oleh orang tua ya?

Menurut dr. Caessar Pronocitro MSc, SpA dari RSPI Bintaro, cara supaya anak tidak mudah sakit ketika musim pancaroba adalah orang tua perlu memenuhi kebutuhan makan anak dengan asupan gizi yang seimbang. Yaitu asupan yang kaya vitamin dan mineral seperti buah-buahan perlu diperbanyak.

Seperti kita tahu, vitamin dan mineral bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas. Hal yang tidak kalah penting adalah jangan sampai si kecil kurang minum. Sering sekali anak-anak dibawakan minum ke sekolah tapi pas sampai rumah ternyata minumnya masih utuh.

“Ini supaya anak tidak dehidrasi. Untuk jumlah kebutuhan cairan, bisa dikonsultasikan ke dokter kalau usia segini berat badannya segini, berapa kebutuhan cairannya. Umumnya kalau berat badannya sudah kurang lebih 10 kg, butuh cairan 1 liter sehari, dipastikan itu terpenuhi,” kata dr. Caessar.

Tidak cuma itu  saja, dr. Caessar juga mengingatkan supaya kita menjauhkan anak dari faktor yang membuat mereka mudah sakit. Apa itu? Misalnya saja ketika orang sekitar sakit, sebisa mungkin anak jangan dekat-dekat. Soalnya, bukan tidak mungkin anak akan tertular virus atau bakteri penyebab penyakit.

“Lalu hindari paparan zat iritatif sepert debu, polusi, asap rokok, perubahan suhu terlalu cepat dari suhu yang terlalu tinggi ke panas, terus hujan-hujanan. Nah, kalau mandi sebaiknya pakai air yang hangat-hangat kuku untuk menjaga anak tidak mudah sakit,” tambah dr. Caessar yang juga berpraktik di RS Asih Ciputat.

Dalam keseharian, penularan penyakit bisa terjadi melalui berbagai hal. Salah satu cara sederhana mencegah penularan penyakit adalah rajin cuci tangan. Apalagi anak-anak kan senang sekali main. Setelah pulang dan ada makanan, langsung diambil makanannya tanpa cuci tangan lebih dulu.

Terkadang, kita sampai capek mengingatkan anak untuk cuci tangan. “Penularan penyakit bukan dari kuman saja tapi lewat udara, sentuhan dari barang yang dipegang orang yang sakit. Pulang dari tempat umum, habis pegang mainan orang lain, mau makan tetap cuci tangan,” tambah dr. Caessar.

Menjaga kesehatan keluarga, terutama anak-anak adalah tugas orang tua terutama ibundanya. Maka dari itu mulai dari sekarang kita biasakan untuk mengajak anak-anak kita untuk menjaga kebersihan tubuh dan sekitarnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

 

Sumber : Haibunda.com

Baca Juga : Inilah Artis Indonesia yang Merupakan Keturunan Pahlawan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares