Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat Meskipun Usia Bertambah

Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat Meskipun Usia Bertambah. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan makin bertambahnya usia seseorang berpengaruh juga terhadap kinerja organ tubuh, salah satunya otak. Seperti kita tahu bahwa otak adalah pusat kendali dari seluruh tubuh manusia, apabila terjaga kesehatannya, maka terjaga juga kinerjanya.

Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat Meskipun Usia Bertambah

Terkadang kita suka lupa menghafal angka dengan bertambahnya usia, atau menghafal nama teman lama kita. Itu adalah salah satu tanda ringan bahwa kinerja otak Anda sudah mulai mengalami penurunan. Untuk menjaga agar tidak mengalami kelupaan atau pikun, ada baiknya kita rajin melatih memori otak.

Lalu bagaimana caranya melatih memori otak agar selalu tajam, seperti dikutip dari Times of India, inilah Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat Meskipun Usia Bertambah :

Olahraga rutin

Olahraga tidak hanya melatih tubuh agar tetap fit dan prima, tetapi juga memberi dampak pada kesehatan mental. Tetap aktif secara fisik adalah solusi agar tubuh dan otak tetap bekerja dengan baik. Para peneliti dari Universitas California melakukan penelitian yang hasilnya bahwa seseorang yang aktif bergerak menunjukan kinerja otak yang baik. Olahraga memicu cairan kimia dalam otak bernama norepinephrine, sebuah pemicu kuat dalam memori otak yang menyebabkan hal ingatan meningkat dengan baik.

Belajar hal-hal baru

Belajar hal-hal baru, seperti belajar bahasa baru bisa menjaga otak tetap sehat dan aktif. Sebuah studi yang dilakukan di Swedia menemukan fakta unik bahwa orang dewasa yang mempelajari bahasa baru menunjukan peningkatan daya ingat dalam mengingat nama-nama orang, di mana biasanya nama orang seringkali mudah terlupakan dalam ingatan. Aktivitas baru lain yang membutuhkan ketekunan, seperti main instrumen musik, merajut atau menjahit juga dapat membantu mempertajam daya ingat.

Bermain teka-teki

Bermain teka-teki, baik itu teka-teki silang atau kuis dapat membuat otak tetap waspada. Dan ini, pada gilirannya, membantu meningkatkan kapasitas mental. Beberapa penelitian menemukan, ketika seseorang bermain teka-teki silang, ingatannya dalam mengingat sesuatu meningkat jadi lebih baik. Terutama dalam meningat hal-hal umum, seperti mengingat di mana meletakkan kunci, lokasi memarkir mobil, dan lainnya. Selain itu, permainan teka-teki seperti puzzle dengan cara menyelesaikan setiap tantangan-tantangan yang ada juga membantu otak berpikir secara aktif, sehingga otak pun terlatih untuk berpikir.

Seni repetisi

Saat ingin mengingat sesuatu, baik itu nomor telepon, nama atau tempat, mengulangi hal yang sama dapat membantu mempertahankannya untuk jangka waktu yang lebih lama. Saat berlatih seni mengulang, selalu disarankan untuk mengatur waktu dengan tepat, sekali satu jam, kemudian setiap beberapa jam, lalu setiap hari untuk menghasilkan hasil terbaik.

Sumber : health.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *