Dampak Negatif Mengkonsumsi Teh Hijau Secara Berlebihan

Dampak Negatif Mengkonsumsi Teh Hijau Secara Berlebihan

Dampak Negatif Mengkonsumsi Teh Hijau Secara Berlebihan. Segala sesuatu kalau berlebihan memang dampaknya juga kurang baik. Tidak terkecuali teh hijau ini. Meskipun mempunyai khasiat dan manfaat untuk kesehatan, tetapi teh hijau ini kalau dikonsumsi secara berlebihan ternyata berdampak negatif.

Ambang batas aman konsumsi teh hijau ini adalah 2 – 3 cangkir per hari. Jika kita meminum melebihi dari ambang batas normal perhari dikhawatirkan kandungan dalam teh hijau seperti kafein, tanin, katekin bisa membahayakan kesehatan.

Informasi yang dihimpun dari Boldsky menyebutkan bahwa setidaknya ada 6 macam penyakit yang bisa timbul jika meminum teh hijau melebihi ambang batas normal. Dampak negatif yang akan timbul antara lain :

Sakit Kepala

Kandungan kafein dalam teh hijau menjadi penyebabkan timbulnya sakit kepala kronis. Oleh karena itu orang yang menderita migrain dan vertigo sebaiknya jangan minuman teh hijau.

Anemia

Penyerapan zat besi dari makanan juga akan terganggu jika konsumsi teh hijau melebihi ambang batas. Untuk mengatasi dampak buruk dari teh hijau, sebaiknya meminum teh hijau ditambahi dengan lemon dan buah lainya

Sakit Perut

Asam lambung akan meningkat jika kita meminum teh hijau karena kandungan tanin yang ada dalamnya. Sehingga bisa menyebabkan sakit perut, mual dan juga sembelit. Karena itu minum teh hijau harus dihindari saat perut kosong.

Diare

Efek samping lain dari minum teh hijau secara berlebihan adalah diare. Kafein yang ada efek pencaharnya dapat meraangsang otot-otot usu berkontraksi. Sehingga sistem tubuh megeluarkan kotoran tapi secara berlebihan dan meyebabkan diare.

Gangguan Tidur

Kandungan kafein dalam teh seperti halnya kafein dalam kopi dapat menyebabkan susah tidur jika berlebihan minum teh hijau. Adanya kafein dapat meningkatkan produksi adrenalin di otak dan efeknya kita terus terjaga.

Ritme Detak Jantung Tak Beraturan

Lagi-lagi peyebabnya adalah kafein. Detak jantung menjadi tidak beraturan karena kandungan kafein yang ada dalam teh hijau. Kafein ini dapat merangsang otot-otot jantng berkontransi saat istirahat.

Itulah 6 gangguan kesehatan yang dapat terjadi sebagai akibat dari konsumsi teh hijau yang berlebihan. Konsumsi sesuai takaranya agar bermanfaat untuk kesehatan.

Jaga kesehatan dengan selalu mengkonsumsi makanan dan nutrisi yang menyehatkan.

 

Baca Juga :    Khasiat dan Manfaat Teh Thailand untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *