Diet Paleo Ala Manusia Purba yang Bisa Membuat Tubuh Sehat

Diet Paleo Ala Manusia Purba yang Bisa Membuat Tubuh Sehat. Kita mengenal manusia purba yang hidup berpindah-pindah dan memperoleh makanan dengan berburu. Mereka hidup pada jutaan tahun yang lalu.

Diet Paleo Ala Manusia Purba yang Bisa Membuat Tubuh Sehat
Foto journal.sociolla.com

Gaya hidup manusia purba itu ternyata saat ini banyak ditiru oleh manusia modern yang dikenal dengan Diet Paleo. Nama paleo ini diambil dari jaman mausia purba itu hidup, yaitu di jaman Paleotikum. Tetapi bukan cara manusia purba itu cari makan yang kita tiru, tetapi jenis makanan manusia purba itu yang kita tiru, yaitu dari hasil bercocok tanam dan berburu.

Jenis makanan manusia purba yang langsung dari alam itu yang membuat mereka selalu sehat badannya. Kenapa begitu, karena makanan itu masih asli dari alam tanpa ada bahan tambahan apapun. Tidak ada bahan pengawet, bahan perasa, bahan pewarna dan tanpa ada yang diolah dengan tambahan bumbu penyedap lainnya.

Begitu banyak makanan saat ini yang banyak mengandung perasa, pewarna, bumbu penyedap dan juga makanan siap saji yang rentan membuat tubuh mudah terserang penyakit. Maka dari itu, ide untuk kembali kealam dengan meniru makanan manusia purba di Jaman Paleotikum akhirnya muncul. Sehingga nama program nya menjadi Diet Paleo.

Sebelum anda mencoba melakukan Diet Paleo ini, ada baiknya anda ketahui beberapa hal dibawah ini :

Diet Paleo Tinggi Protein

Daging sapi, ayam, telur, makanan laut dan protein nabati seperti kacang-kacangan adalah jenis makanan yang perlu Anda konsumsi secara rutin saat menjalani diet ini. Tapi bukan sembarang daging-dagingan yang bisa Anda konsumsi. Anda disarankan untuk mengonsumsi sumber protein organik seperti daging sapi yang berasal dari peternakan dengan rumput organik. Tidak hanya itu, diet ini juga melarang konsumsi sumber protein dairy seperti susu atau keju.

Bahan Alami Adalah Kuncinya

Hal terpenting diet paleo adalah hanya mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang sifatnya alami dan organik. Contohnya mengkonsumsi kacang atau sayuran yang langsung dipetik dari tanah. Anda harus rela membuang semua produk olahan seperti makanan kalengan, makanan beku, daging olahan (sosis, nugget, ham) hingga bumbu penyedap seperti garam dan gula.

Kurangi Gula dan Karbohidrat

Dalam diet ini sumber gula dan karbohidrat dari padi-padian, gandum atau biji-bijian juga tidak boleh dikonsumsi. Namun, beberapa pengikut diet ini mengatakan kentang bisa menjadi sumber karbohidrat walaupun tidak disarankan. Sementara untuk sumber gula Anda bisa menyiasatinya dengan air kelapa atau madu. Sebenarnya madu juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat menjalani Diet Paleo, tapi pemanis alami ini dinilai sebagai pengganti gula yang paling mendekati.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Segar

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya, Anda disarankan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral. Namun, sama halnya dengan daging, buah atau sayur yang Anda konsumsi pun sebisa mungkin harus yang organik atau bebas dari pestisida.

Perhatikan Pro dan Kontranya

Sejak kemunculannya, diet paleo tentu menuai pro dan kontra dari beberapa pihak. Diet ini dinilai efektif menurunkan berat badan secara stabil, membuat level gula lebih terkontrol dan membuat tubuh lebih bugar. Namun, di sisi lain, pola makan ini dinilai terlalu sulit diikuti secara konsisten karena bahan-bahan makanannya yang sangat spesifik dan mudah membuat bosan. Selain itu, tidak adanya gula dan karbohidrat dalam menu diet ini dinilai telah menghilangkan beberapa nutrisi penting dari tubuh. Belum lagi adanya anggapan bahwa sistem pencernaan manusia modern tidak bisa disamakan lagi dengan manusia zaman purba karena sudah berbeda.

Itulah beberapa hal diperlu Anda perhatikan sebelum melakukan Diet Paleo ini. Jika Anda merasa kesulitan mengikuti program Diet Paleo untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mengikuti tips berikut untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal.

Untuk mendapatkan tipsnya silahkan klik DISINI

 

Sumber : journal.sociolla.com

Baca Juga : Berat Badan Turun Tujuh Belas Kilogram dengan Diet Paleo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *