Efek yang Timbul Jika Kamu Tidak Suka Makan Sayur

Efek yang Timbul Jika Kamu Tidak Suka Makan Sayur

Efek yang Timbul Jika Kamu Tidak Suka Makan Sayur. Sayuran merupakan makanan sehat yang harus rutin kamu konsumsi. Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam sayur, menjadikannya selalu dinanti saat makan. Beruntung dan berbahagialah bagi kamu yang suka makan sayur. Selain enak juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Efek yang Timbul Jika Kamu Tidak Suka Makan Sayur

Bagi kamu yang tidak suka makan sayur karena berbagai alasan seperti tidak suka dengan rasanya, bentuknya sampai dengan teksturnya. Mulai saat ini mulailah berfikir ulang untuk tidak makan sayur. Apa jadinya jika kamu tidak suka makan sayur, dikutip dari boldsky.com, inilah akibat yang akan terjadi :

Mudah memar
Sayuran mengandung vitamin C tinggi di dalamnya. Jika kamu kekurangan vitamin C, kamu akan mudah mengalami gusi berdarah, ruam, dan luka biasa sulit sembuh. Beberapa contoh dari sayuran yang kaya vitamin C adalah cabai merah, kale, sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, kubis, dan tomat.

Munculnya masalah jantung
Jika kamu memiliki riwayat keluarga yang mempunyai penyakit jantung, maka ini bisa jadi tanda bahwa kamu harus makan banyak sayur. Sebabnya penyakit jantung koroner seperti serangan jantung dan angina sering dialami oleh orang yang makan sayuran lebih sedikit.

Mudah lelah
Kurang makan sayur juga bisa membuat tubuh mudah lelah. Hal ini disebabkan karena sayuran mengandung asam folat yang memiliki peran dalam sintesis dan perbaikan DNA. Oleh karena itu perbanyak makan sayuran berdaun hijau gelap agar kamu selalu semangat.

Ingatan kacau
Jika kamu masih muda namun mudah lupa, itu tandanya otakmu kekurangan nutrisi sehat seperti lutein yang telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Lutein mudah ditemukan dalam brokoli, wortel, jagung, dan tomat. Lutein juga berguna untuk membantu mencegah katarak dan degenerasi nakula, dua gangguan mata yang umum terjadi.

Sulit sembuh dari sakit demam biasa
Kurang mengonsumsi sayuran akan melemahkan imunitas tubuh. Kamu jadi mudah sakit termasuk beberapa penyakit biasa seperti demam akan sulit untuk sembuh.

Gampang stres
Kurangnya makan sayur ternyata berdampak pada lemahnya tubuh untuk mengelola stres. Sebabnya sayuran seperti tomat, paprika, atau sayuran hijau berguna untuk mengatasi peradangan akibat dari stres. Sehingga jika radang semakin gawat, maka stres juga akan makin meningkat.

Obesitas
Sayuran amatlah tinggi serat yang akan membuatmu mudah merasa kenyang. Sayuran juga rendah kalori namun tinggi nutrisi. Kombinasi keduanya amatlah bermanfaat untuk mencegah obesitas. Sehingga jika kamu jarang makan sayur, obesitas pun akan mudah melanda.

Rawan kena kram otot
Sayuran mengandung potasium yang berguna mencegah kram otot, terutama ketika kamu sedang olahraga. Begitu pula dengan kandungan kalium di dalamnya. Sehingga kurangnya konsumsi sayur, akan membuatmu rentan terkena kram otot, kembung, hingga gangguan jantung dan ginjal.

Sering infeksi
Seringnya infeksi menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh lemah. Tanpa nutrisi tepat yang bisa didapat dari sayur, imunitas melemah hingga berdampak pada seringnya infeksi.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *