Inilah 6 Alasan Kenapa Pesawat Terbang Warna Putih

Inilah 6 Alasan Kenapa Pesawat Terbang Warna Putih

Inilah 6 Alasan Kenapa Pesawat Terbang Warna Putih. Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang, mungkin pernah berpikir dalam hati kok kebanyakan warna pesawat didominasi warna putih. Pemilihan warna putih pada pesawat terbang bukan tanpa sebab atau hanya untuk gaya saja, namun ada maksudnya.

 

Inilah 6 Alasan Kenapa Pesawat Terbang Warna Putih

 

Dikutip dari situs Dream.co.id, berikut inilah 6 alasan kenapa pesawat terbang warna putih :

1. Agar tidak cepat luntur

Warna putih cenderung bertahan cukup lama dari paparan sinar matahari, bahkan ketika pesawat berada di ketinggian sekitar 30 ribu kaki di atas permukaan tanah. Tidak demikian dengan warna-warna gelap yang cenderung mudah pudar dan rentan terhadap radiasi sinar ultraviolet.

2. Lebih mudah dibersihkan dan lebih mudah terlihat bila ada kerusakan

Warna putih meski mulai pudar, akan tetap terlihat bersih ketimbang warna lain yang pudar. Ketika kotor pun, warna putih cukup mudah dibersihkan. Selain itu, dengan pemakaian warna putih, cacat atau kerusakan di badan pesawat akan lebih mudah terlihat. Ini termasuk retak, korosi, atau celah di atas pesawat.

3. Terasa lebih sejuk

Sains membuktikan warna putih memantulkan gelombang cahaya. Efeknya, ruang kabin pun akan terasa lebih sejuk. Ini berbading terbalik bila menggunakan warna lain yang menyerap lebih banyak gelombang cahaya dan membuat objek cepat panas.

4. Biaya operasional lebih hemat

Menggunakan warna putih terbukti membuat biaya operasional lebih hemat. Pesawat dengan warna selain putih akan menghabiskan biaya pewarnaan paling tidak US$ 50 ribu atau lebih dari Rp 710 juta.

5 Nilai jual kembali lebih normal

Pesawat putih cenderung bernilai normal ketika dijual lagi. Lain lagi bila warnanya bukan putih, nilai jualnya akan berubah dan cenderung merugikan maskapai.

6. Lebing mudah dijadikan pesawat sewaan

Beberapa maskapai memilih menyewa pesawat dari perusahaan yang lebih besar. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan akan lebih murah bila warna yang digunakan adalah putih. Mereka cukup mengubah atau menambahkan logo maskapai saja.

Jadi sekarang sudah tahukan, kalau warna pesawat terbang itu bukan untuk gaya-gayaan, tetapi ada alasan tersendiri.

Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *