Inilah Bahayanya Jika Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

Inilah Bahayanya Jika Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

Inilah Bahayanya Jika Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama. Duduk dengan kaki menyilang sudah reflex dilakukan wanita. Tetapi wanita yang duduknya menyilangkan kaki biasanya mereka yang suka memakai rok mini. Ada dua alasan kenapa wanita memakai rok mini, karena mode dank arena tuntutan pekerjaan.

Kita tidak akan membahas masalah rok mini, tetapi membahas masalah bahayanya jika kita duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama. Meski duduk dengan menyilangkan kaki terkesan elegan, tetapi posisi duduk seperti itu tidak baik untuk tubuhnya.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian di bawah ini mengenai bahayanya jika kita duduk dengan posisi menyilang :

Menyebabkan pegal di punggung dan leher
Posisi duduk yang benar adalah dengan kedua tapak kaki menyentuh lantai. Sayangnya, itu tak sering terjadi. Banyak yang miring ke kanan, ke kiri, atau menyilangkan kaki.

Vivian Eisenstadt, seorang terapis ortopedi, mengatakan posisi menyilangkan kaki akan mengakibatkan sakit di bagian leher dan punggung. Kata dia, posisi silang kaki ini akan membuat masalah pada posisi pinggul yang kemudian berefek ke tulang belakang. Semakin lama duduk dengan kaki menyilang, maka semakin besar tekanan pada tulang belakang, dan makin pegal.

Menurut Vivian, melakukannya setiap hari dan bahkan berminggu-minggu akan menjadi penyebab utama kenapa seseorang sakit punggung, dan leher”. Ia menganjurkan agar duduk dengan posisi sempurna, dengan lulut dan tumit membentuk sudut 90 derajat dan menjaga keseimbangan tulang punggung.

Berpotensi bikin varises
Tak ada seorang pun yang ingin kena spider veins atau biasa juga disebut varises. Namun, kenyatannya ini kerap dialami oleh sejumlah orang.

Hooman Madyoon, kardiologis dari Cedar Sinai Medical Center mencari tahu keterkaitan antara posisi duduk dengan varises. Ia mengatakan, menyilangkan kaki meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang bertanggung jawab mengalirkan darah kembali ke jantung. Saat duduk dengan posisi ini, salah satu kaki akan menekan kaki lainnya, dan memengaruhi aliran darah yang akan melemahkan atau menghambat di kaki. Ini yang kemudian akan menjadi salah satu penyebab varises.

Membuat tekanan darah tinggi 
Menyilangkan kaki saat duduk dapat membuat tekanan darah meningkat secara temporer. Alasannya, Madyoon mengatakan darah di kaki mesti dipompa ke jantung melawan gravitasi. Ini sudah membutuhkan upaya keras, tapi ketika salah satu kaki menyilang posisi kaki lainnya, ada hambatan aliran darah. Oleh karenanya tubuh harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong darah kembali ke jantung. Mungkin tidak berasa ada gejala, tapi ketika posisi ini dilakukan berulang dan terus menerus maka akan mengakibatkan sakit.

Berefek buruk pada saraf
Selain menyebabkan tekanan darah meningkat, pose duduk ini juga akan mempengaruhi pembuluh darah dan saraf pada kaki. Posisi duduk menyilangkan kaki akan mengganggu saraf peroneal. Saraf ini biasanya berfungsi untuk memberikan gerakan dan kepekaan pada bagian bawah kaki serta jari-jari pada kaki.

Richard Graves, seorang podiatris mengatakan bahwa tekanan ini akan menyebabkan mati rasa dan kelumpuhan sementara pada beberapa otot di kaki dan jari-jari kaki. Ia menekankan bahwa jika hal ini dilakukan terus menerus, maka akan menyebabkan seseorang alami kelumpuhan dalam jangka panjang. “Usahakan agar tidak duduk dengan posisi kaki menyilang,” ujarnya.

Setelah mendengar uraian diatas, bagaimana apakah anda ingin terus duduk dengan menyilangkan kaki atau sudah mau berubah.

 

Sumber : CNN Indonesia

Baca Juga : Manfaat Susu untuk Kecantikan dan Kebugaran Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *