Inilah Cara yang Efektif Untuk Mencegah Penyakit Diabetes

Inilah Cara yang Efektif Untuk Mencegah Penyakit Diabetes. Apakah selama ini Anda sudah mempunyai komitmen untuk menjalani pola hidup yang sehat? Jika jawabannya iya, maka Anda harus bias menjalani atau mempraktekkan apa yang menjadi komitmen Anda tersebut. Jangan karena, aktivitas yang padat menjadikan alasan untuk Anda mengabaikan komitmen yang sudah Anda buat.

Jalan paling mudah untuk memulai pola hidup tidak sehat adalah dengan memilih makanan serba instan dan junk food. Untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh sebagai alternatif paling simple dan cepat adalah makanan junk food. Ditambah lagi Anda kurang olahraga, suka begadang serta gaya hidup tidak sehat lainnya.

Jika pola hidup seperti itu terus dibiarkan, maka akan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Dan bisa kapan saja menyerang Anda. Seperti halnya penyakit diabetes mellitus atau biasa disebut diabetes saja.

Penyakit diabetes merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah yang dapat merusak fungsi tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa menerapkan pola hidup sehat secara rutin itu sangat penting untuk mengurangi resiko Anda terjangkit penyakit diabetes.

Berikut adalah cara yang cukup efektif untuk mencegah penyakit diabetes :

Istirahat yang Cukup

Akibat pekerjaan yang menumpuk atau karena terlalu sibuk browsing internet, membuat Anda menjadi sering begadang. Kebiasaan begadang itu bisa membuat tubuh memproduksi gula berlebih karena tubuh terus melakukan aktivitas yang membutuhkan energi. Dan inilah yang dapat meningkatkan potensi Anda terkena penyakit diabetes. Solusi tepat untuk mencegah penyakit diabetes adalah dengan istirahat yang cukup dan tidur tepat waktu, jauhkan gadget dari jangkauan Anda dan matikan lampu kamar.

Pola Makan yang Benar

Penyakit diabetes salah satunya dipicu oleh pola makan yang tidak benar, dan hal inilah yang paling sering tidak Anda sadari. Ada hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah penyakit diabetes yaitu dengan menjalani pola makan yang benar dan membatasi konsumsi makanan yang mungkin dapat memicu diabetes seperti junk food, fast food, makanan tinggi lemak dan gula.

Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Dengan beraneka ragamnya buah dan sayuran sebagai konsumsi makanan Anda sehari-hari, maka itu adalah satu cara untuk mencegah penyakit diabetes.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Sebagian besar orang sudah pasti tahu kalau olahraga adalah cara yang tepat bisa menjadikan tubuh sehat dan dapat mencegah berbagai macam penyakit tidak terkecuali diabetes. Olahraga yang dilakukan secara teratur bisa membantu mencegah penyakit diabetes dengan cara mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Luangkan waktu Anda minimal 30 menit hanya untuk sekedar berjalan kaki, lari-lari kecil atau pergi ke gym.

Kurangi Alkohol dan Merokok

Kurangi merokok dan minum minuman beralkohol, jika Anda ingin terbebas dari penyakit diabetes. Mengapa,  karena nikotin yang berasal dari rokok lama kelamaan mampu merusak sel pankreas yang memproduksi insulin dan meningkatkan resiko timbulnya diabetes.

Mengkonsumsi alkohol berlebihan akan merusak sel pankreas dan berhubungan dengan kelebihan lemak tubuh.. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa bila mengonsumsi alkohol tubuh akan mengalami peningkatan gula dalam darah.

Hentikan Konsumsi Minuman Bergula

Mulai sekarang, hentikan mengkonsumsi berbagai macam jenis minuman berenergi, dan minuman manis lainnya. Meskipun lezat dan menyegarkan, semua minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama kadar gula dalam tubuh.

Ganti Cemilan dengan Kacang-Kacangan

Saatnya ganti cemilan Anda dengan kacang-kacangan. Kacang-kacangan dipercaya menjadi cemilan yang ampuh untuk memerangi diabetes. Menurut penelitian, kacang-kacangan tersebut sangat kaya karbohidrat kompleks (serat), dan protein sehingga menurunkan potensi terkena diabetes. Proses mencerna kacang-kacangan pun dibilang lambat, sehingga membuat kadar gula darah tetap stabil.

Cek Gula Darah Secara Rutin

Mengapa cek gula darah secara rutin merupakan hal penting? Hal ini dikarenakan kadar gula dalam darah seseorang relatif naik turun. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, Anda menjadi tahu fluktuasi kadar gula dalam darah.

Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa mengkonsumsi makanan atau cemilan sehat dan menyehatkan.

 

Baca Juga : Kapan Waktu Terbaik untuk Beristirahat Siang Bagi Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares