Inilah Empat Cara Mengatasi Anak Malas Berangkat Sekolah

Inilah Empat Cara Mengatasi Anak Malas Berangkat Sekolah

Inilah Empat Cara Mengatasi Anak Malas Berangkat Sekolah. Banyak harapan yang diinginkan dari anaknya yang bersekolah, selain menjadi orang yang berguna di masa depannya, juga anak akan bisa mandiri dengan bekal ilmu yang dimilikinya. Karena tempat pendidikan itu selain dirumah, lingkungan dan juga di sekolah.

Inilah Empat Cara Mengatasi Anak Malas Berangkat Sekolah

Inilah Empat Cara Mengatasi Anak Malas Berangkat Sekolah

Tetapi apa jadinya jika anaknya yang sudah waktunya masuk sekolah, malah bermalas-malasan berangkat. Berbagai alasan disampaikan agar dirinya tidak disuruh berrangkat sekolah.  Namun sebagai orang tua tentunya harus punya cara atau akal agar anaknya mau berangkat sekolah.

DIkutip dari Liputan6.com, Inilah Empat Cara Mengatasi Anak Malas Berangkat Sekolah

Buat makanan kesukaan

Demi memberikan motivasi ke sekolah, sebagai orangtua, Anda bisa membuatkan bekal untuk sang buah hati. Nah, hal ini dibutuhkan kreativitas dari Anda. Misalnya Anda membuatkan gambar lucu dari kartun pada bekal sang anak.

Ajak anak untuk terlibat dalam pembuatan bekal makanannya. Anda bisa mengajak anak mulai dari menyusun makanan bersama-bersama. Nantinya, hal itu akan membuat sang anak menghargai sesuatu. Terpenting ada kegembiraan di benak anak karena membuat bekal-nya bersama-sama. Dengan begitu, anak akan lebih semangat ke sekolah lagi.

Ceritakan sahabatnya di sekolah

Saat anak malas ke sekolah, coba Anda ceritakan mengenai keseruan bermain bersama sahabat atau teman sebayanya. Jika si kecil punya guru idola, tambahkan cerita mengenai guru idolanya tersebut. Dijamin akan memompa semangat anak untuk kembali masuk sekolah.

Bangun mood ceria

Untuk membangun mood ceria kepada anak, Anda bisa memulainya dari kamar tidur. Segarkan semangatnya dengan memberikan warna-warna ceria di kamarnya. Sebagai contoh, untuk cat dinding gunakan warna cerah seperti warna pastel, lalu tambahkan warna merah untuk beberapa perlengkapannya seperti frame foto di dinding.

Tak lupa, pajang foto liburan anak di kamar. Katakan kepadanya bahwa ia bisa ke situ lagi jika rajin sekolah. Hal itu akan memotivasi sang anak dalam belajar. Selain itu, Anda bisa tambahkan pengharum ruangan agar sang anak nyaman saat di kamar.

Atur waktu istirahat anak

Waktu tidur untuk anak-anak sangat berperan penting bagi pertumbuhan mereka. Apalagi bagi mereka yang males untuk sekolah. Ketika anak beranjak besar, tidur (khususnya tidur siang) menjadi hal yang sulit dilakukan. Begitu pun dengan tidur malam.

Maka dari itu, sebagai orangtua Anda perlu mengatur jadwal istrahat anak. Caranya, pilih waktu tidur sesuai usia sang anak. Terapkan secara disiplin selama tujuh hari dalam seminggu untuk membangun ritme tidur sang buah hati.

Selain itu, batasi minuman soda atau minuman lainnya yang berkafein. Karena hal itu bisa membuat tidur tidak nyenyak. Lalu, batasi pemakian gadget sebelum tidur. Anda bisa alihlkan dengan kegiatan santai, seperti mandi dan membaca buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *