Inilah Lima Nama Penyakit Unik di Indonesia

Inilah Lima Nama Penyakit Unik di Indonesia

Inilah Lima Nama Penyakit Unik di Indonesia. Bukan hanya manusia atau suatu tempat yang bia mempunyai nama unik, di Indonesia memberi nama penyakitpun unik karena tidak seperti kelaziman dalam dunia medis atau kedokteran yang selama ini sudah dipakai.

 

Inilah Lima Nama Penyakit Unik di Indonesia

 

Kita mengenal dalam dunia medis pemberian nama penyakit disesuaikan dengan virus atau bakteri yang menyebabkannya, sebagai contoh adalah penyakit TBC atau tuberculosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis.

Tetapi nama penyakit yang ada di Indonesia justru mempunyai nama yang unik karena bukan berasal dari nama bakteri atau virus sebagai penyebabnya. Dilansir dari detikHealth, berikut Inilah Lima Nama Penyakit Unik di Indonesia :

Cantengan

Penyakit yang satu ini sering menyerang bagian pinggir atau ujung kuku manusia. Dalam dunia medis, penyakit yang satu ini dikenal dengan paronychia. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 150.000 kasus setiap tahunnya. Penyakit ini sering disebabkan karena iritasi atau luka akibat kuku yang tajam.

Kesemutan

Rasanya hampir semua orang pernah mengalami kejadian ini paling tidak sekali seumur hidupnya. Bagi orang yang memiliki pekerjaan duduk terlalu lama, penyakit yang satu ini sudah menjadi langganan. Seringkali kita mengaitkan hal ini karena aliran darah yang mengalir di bagian tubuh yang kesemutan sedang tersumbat. Sedangkan di dunia medis dikenal dengan parasthesia, sebuah sensasi di mana bagian tubuh tertentu merasakan seperti diutusuk ribuan jarum dan mati rasa. Parasthesia dapat terjadi karena terganggunya sistem saraf yang tersambung dengan saraf pusat.

Paru-paru basah

Paru-paru basah merupakan nama penyakit yang sering kita dengar, beberapa gejala yang sering terjadi antara lain adalah batuk berlendir dan mudah berkeringat. Karena berolahraga di tempat yang dingin, sebagian dari Kita mengenal bahwa aktivitas tersebut yang menyebabkan paru-paru basah. Secara medis nama paru-paru basah dikenal dengan pneumonia, penyakit ini diakibatkan karena adanya infeksi di bagian paru-paru sehingga gejala yang sering ditimbulkan adalah batuk.

Flu tulang

Penyakit ini identik dengan rasa sakit di seluruh bagian sendi. Tapi di dunia medis sendiri tidak ada yang namanya flu tulang, melainkan chikungunya serta osteomeletis. Chikungunya sendiri adalah sebuah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus, virus alphavirus yang masuk ke dalam tubuh melalui nyamuk inilah yang merupakan penyebab penyakit chikungunya.

Sedangkan osteomeletis disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus yang menyerang bagian tulang melalui darah. Beberapa penyebab dari bakteri ini antara lain, karena pernah mengalami cedera dan pernah mengalami pembedahan. Gejala dari penyakit ini antara lain adalah nyeri pada tulang serta demam.

Masuk Angin

Kita sering mendengar bahwa seseorang yang merasa mual, tidak enak badan, dan suhu tubuh meningkat itu mungkin terkena masuk angin. Lalu setelahnya dilakukan pengobatan tradisional dengan cara dikerok bagian punggungnya agar angin yang dimaksud keluar dari tubuh, atau bisa juga meminum obat atau ramuan khusus supaya masuk angin ini cepat sembuh.

Sebetulnya dalam dunia medis sendiri tidak ada penyakit yang bernama masuk angin. Namun, gejala-gejala yang menyebabkan masuk angin tersebut seperti yang disebutkan di atas bisa jadi merupakan tanda dari penyakit lainnya, seperti flu contohnya.

Inilah Lima Nama Penyakit Unik di Indonesia sebagai informasi bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *