Inilah Manfaat Kesehatan Tidur 8 Jam Setiap Hari

Inilah Manfaat Kesehatan Tidur 8 Jam Setiap Hari. Badan yang sudah melakukan aktifitas setiap hari tentu akan mengalami kelelahan baik secara fisik maupun mental. Cara paling ampuh untuk mengembalikan kebugaran badan setelah seharian beraktifitas adalah dengan tidur.

Inilah Manfaat Kesehatan Tidur 8 Jam Setiap Hari

Selain bisa merenggangkan otot yang lelah kaku dalam melakukan aktifitas, tidur juga bisa membuat pikiran menjadi fresh kembali, sehingga siap untuk melakukan aktifitas hari berikutnya. Namun tahukah Anda bahwa ada manfaat lain dari aktifitas tidur yang Anda lakukan. Menurut Matthew Walker, penulis dari Why We Sleep dan Professor of Neuroscience and Psychology di University of California ternyata tidur selama delapan jam setiap hari mempunyai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kemampuan Mengingat

Tiba-tiba Anda lupa tanggal ulang tahu istri? Jangan kaget kalau Anda jadi pelupa ketika sering kurang tidur. Ini karena ketika tubuh kurang tidur otak pun jadi sulit untuk menyimpan memori baru. Pada dasarnya ketika Anda kurang tidur “kotak memori” yang ada di otak akan tertutup. Menurut Matthew, hal ini yang kemudian membuat Anda sulit untuk menyimpan informasi dan memori baru ke otak.  Sebaliknya, kalau tidur selama delapan jam Anda akan lebih mudah untuk mengingat.

Tingkat Kesuburan

Salah satu manfaat dari tidur delapan jam sehari adalah menjaga tingkat kesuburan.Pria yang tidur hanya lima sampai enam jam tiap malam memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dari seseorang yang usianya sepuluh tahun lebih tua. Akibatnya, kualitas sperma mereka pun lebih rendah daripada yang seharusnya.

Sistem Imun

Sudah bukan rahasia lagi kalau saat tidur tubuh akan memperbarui sel-selnya. Tak terkecuali pula sel alami yang dapat memerangi kanker. Ketika sehari saja Anda hanya tidur selama empat sampai lima jam, sel alami yang dapat memerangi kanker tersebut akan turun sebanyak 70%! Matthew mengatakan kalau kurang tidur kemungkinan besar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap berkembangnya kanker usus, prostat, dan payudara.

World Health Organisation (WHO) juga telah mengklasifikasi kurang tidur sebagai karsinogen, atau penyebab kanker. Jadi, bisa dibilang kalau salah satu hal yang dapat memicu kanker adalah jadwal tidur yang kacau.

Kesehatan Jantung

Manfaat kesehatan lainnya dari tidur delapan jam setiap hari adalah saat tidur nyenyak, tubuh akan mengalami apa yang dideskripsikan Matther sebagai “restart dari sistem kardiovaskular”. Denyut jantung akan menurun, begitu pula dengan tekanan darah Anda. Keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kalau tidur kurang dari enam jam, Anda tidak akan mendapatkan manfaat tersebut. Efeknya, risiko gagal jantung atau stroke meningkat hingga 200%! Lebih baik mulai sekarang pastikan Anda tidur yang cukup setiap malam.

Dikutip dari Cosmopolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares