Jaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan Hidup Sehat Mulai Sekarang

Jaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan Hidup Sehat Mulai Sekarang

Jaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan Hidup Sehat Mulai Sekarang. Kondisi sistem pencernaan yang sehat mempunyai banyak pengaruh terhadap kesehatan badan secara keseluruhan. Sistem pencernaan yang sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, sistem alergi akan berjalan dengan baik serta metabolisme tubuh berjalan normal.

Jaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan Hidup Sehat Mulai Sekarang

Hal sebaliknya terjadi jika kondisi kesehatan pencernaan buruk. Banyak masalah kesehatan akan timbul jika hal itu sampai terjadi. Gangguan kesehatan yang akan Anda alami seperti arthritis, penyakit hati, obesitas, penyakit alergi dan autoimun. Penyakit lain yang akan muncul diantaranya sakit perut, sembelit, diare serta penyakit gastrointestinal lain.

Untuk menjaga kondisi kesehatan percernaan selalu baik, Dr Melvin Look, Direktur Bedah PanAsia di Mount Elizabeth Hospital dan konsultan bedah gastrointestinal, laparoskopi dan obesitas mempunyai 5 saran yang bisa Anda terapkan, yaitu :

 

Makan lebih banyak serat

Makanan yang banyak mengandung serat bisa Anda dapatkan pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan. Serat membantu menjaga sel-sel usus besar tetap sehat dan membantu pencernaan atau mengatur gerakan usus.

Konsumsi probiotik dan prebiotic

Prebiotik ditemukan pada bawang merah, bawang putih, pisang dan biji-bijian. Sementara probiotik ditemukan dalam yogurt dan minuman susu kultur. Prebiotik merupakan nutrisi yang membantu memberi makan bakteri probiotik dalam usus, sedangkan probiotik adalah mikroorganisme yang meningkatkan kesehatan usus. Bahasa sederhananya, probiotik adalah bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat yang sudah bersarang di tubuh.

Kurangi konsumsi daging merah dan alkohol

Dr Look merekomendasikan untuk mengonsumsi daging merah dan alkohol secukupnya. Gantilah protein hewani dengan sumber protein seperti kacang polong, kacang dan tahu jika memungkinkan.

Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan fruktosa

Makanan tinggi lemak dan fruktosa (gula yang ditemukan secara alami dalam buah dan madu) dapat mengganggu usus dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Hindari konsumsi berlebih dari makanan olahan manis seperti kue, permen, dan minuman manis karena biasanya mengandung banyak gula dan sirup jagung, yang dibuat dengan fruktosa.

Kurangi stres dan lakukan gaya hidup sehat

Faktor non-diet lain yang dapat mengganggu usus adalah stres kronis. Selain itu latihan fisik atau olahraga yang tidak memadai juga menjadi faktor. Oleh karena itu, Dr Look menyarankan untuk menjalani pola hidup sehat, termasuk berhenti merokok.

Semoga informasinya bermanfaat dan selamat menjalani hidup sehat dengan selalu menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *