Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Lemari Es

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Lemari Es

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Lemari EsSebagian besar orang beranggapan bahwa menyimpan makanan di dalam lemari es supaya bertahan lama. Tetapi ternyata tidak semua makanan bisa dianggap sama, untuk mempertahankan keawetannya disimpan dalam lemari es.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Lemari Es

Ada jenis makanan yang apabila disimpan dalam lemari es akan mengurangi kualitas, tekstur dan juga rasanya. Biasanya makanan yang tidak bisa disimpan dalam memiliki sifat segara dan tidak tahan terhadap proses oksidasi suhu dalam lemari es. Lebih baik jenis makanan ini disimpan dalam suhu ruang.

Situs Foodandwine.com menyajikannya untuk Anda jenis makanan yang sebaiknya disimpan dalam suhu ruang bukan dalam lemari es, dengan maksud untuk mempertahankan kualitas dari makanan tersebut sehingga tetap enak untuk dikonsumsi. Berikut jenis-jenis makanan tersebut.

Mentega

Meski mengandung bahan baku susu pasteurisasi, namun untuk tetap mendapat tekstur lembutnya, sebaiknya hindari menyimpan di kulkas. Mentega yang disimpan di suhu ruangan, hingga maksimal tiga hari setelah dibuka dari kemasan, akan tetap memiliki rasa gurih yang berkualitas, dibandingkan yang disimpan di lemari es.

Melon Utuh

Buah melon yang belum dipotong, dan masih memiliki kulit tertutup sempurna, sebaiknya tetap disimpan di suhu ruangan agar tetap terjaga kualitas segarnya. Jika menyimpan melon (dan juga semangka) dalam kondisi utuh di dalam lemari es, justru akan menghambat proses matangnya. Namun, ketika sudah dipotong, sebaiknya tidak dibiarkan lebih dari satu hari di dalam kulkas, jika ingin tetap mendapat kualitas segar yang maksimal.

Kentang

Menyimpan kentang mentah di dalam lemari es, berisiko mengubah unsur pati di dalamnya berubah menjadi gula. Hal ini berarti teksturnya menjadi kasar, dan cita rasanya akan cenderung manis. Ada baiknya, menyimpan kentang mentah di dalam kantong kertas yang memiliki jalur srikulasi, dan meletakkannya di area temaram yang sejuk, seperti di bawah meja dapur misalnya.

Bawang Merah dan Bawang Bombai

Jangan pernah menyimpan bawang umbi, seperti bawang merah dan bawang bombai, di dalam lemari es, karena hal itu akan membuatnya menjadi kian basah. Ketika bawang terlalu basah, maka cita rasanya akan memudar, dan mudah gosong ketika dimasak.

Roti

Banyak orang khawatir dengan kehadiran serangga, jika membiarkan roti di simpan di suhu ruangan. Namun, menyimpannya di lemari es, bukanlah jawaban yang tepat, karena berisiko membuatnya kering dan basi lebih cepat. Sebaiknya, simpan roti di dalam kotak khusus tidak lebih dari empat hari sejak dibeli. Atau jika berniat menggunakan di kemudian hari, sebagai bahan campuran memasak, roti bisa dibekukan di freezer hingga tiga bulan lamanya.

Kopi

Perhatikan baik-baik sifat alami kopi dalam menyerap aroma di sekitarnya, dan akan menjadi pilihan buruk, jika menyimpannya di dalam lemar es. Apalagi jika menyimpannya satu lokasi dengan ikan dan sayuran, maka kopi akan mengunci aroma tersebut pada biji-bijinya, yang secara tidak langsung turut memengaruhi cita rasanya. Tentu akan aneh jika menyeruput secangkir kopi dengan sentuhan rasa ikan yang amis.

Kemangi

Tidak seperti dedaunan herbal lain, kemangi mudah layu jika terkena suhu dingin. Selain itu, daun aromatik ini juga memiliki sifat sama seperti kopi, yakni menyerap aroma di sekitarnya. Sebaiknya, simpan kemangi di atas meja pada suhu ruangan, atau bisa juga diletakkan di dalam secangkir air layaknya menyimpan bunga segar.

Semoga uraian diatas bisa menambah wawasan dan ilmu untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *