Kadar Kolesterol Tubuh Naik, Kesehatan Terganggu

Kadar Kolesterol Tubuh Naik, Kesehatan Terganggu

Kadar Kolesterol Tubuh Naik, Kesehatan Terganggu. Naik turunnya kadar kolesterol dalam tubuh memang sudah jamak terjadi. Bahkan mungkin yang lebih sering terjadi adalah kadar kolesterol tubuh naik. Perlu diingat bahwa kolesterol itu ada yang baik dan juga ada yang buruk bagi kesehatan.

Kadar Kolesterol Tubuh Naik, Kesehatan Terganggu

Peran kolesterol baik adalah untuk pembentukan hormon, produksi vitamin D dan meningkatkan kerja sistem pencernaan. Sedangkan kolesterol jahat mendukung terjadinya plak yang menempel pada dinding pembuluh darah sehingga aliran darah terhambat.

Berikut ini adalah dampak buruk yang diakibatkan oleh naiknya kolesterol dalam tubuh, seperti di kutip dari Merdeka.com :

Masalah jantung
Jantung adalah organ vital yang paling terkena dampak buruknya jika tingkat kolesterol jahat dalam tubuhmu terlalu tinggi. Sebabnya kolesterol jahat yang terbawa melalui aliran darah bisa menempel di arteri yang lama-kelamaan bisa membuat arteri mengeras. Akibatnya aliran darah jadi tidak lancar. Kondisi pengerasan arteri ini disebut dengan arthrosclerosis. Jantung jadi sangat sulit untuk memompa darah melalui pembuluh darah yang kaku. Sehingga bisa timbul berbagai macam penyakit jantung.

Mempengaruhi sistem saraf
Kadar kolesterol jahat yang meningkat juga bisa memiliki efek yang merusak pada otak dan sistem saraf tubuhmu. Sebabnya kolesterol jahat bisa menghambat aliran darah penuh oksigen sehat ke otak yang kemudian membuat otakmu menjadi rentan terkena berbagai gangguan mematikan seperti stroke hingga penyakit Alzheimer. Selain itu, kolesterol jahat juga bisa mengakibatkan hilangnya memori dan gangguan pada fungsi mental.

Mengganggu sistem pencernaan
Tingkat kolesterol jahat yang tinggi juga bisa mengganggu sistem pencernaan. Sebab empedu yang bertugas untuk menyaring kolesterol jahat akan bekerja dengan sangat keras. Bila hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka kamu bisa mendapatkan penyakit bantu empedu.

Menyebabkan nyeri dada
Kamu sering mengalami nyeri dada tanpa tahu alasannya? Bisa jadi karena tingkat kolesterol tubuhmu meningkat. Sebabnya kolesterol jahat bisa menciptakan pengendapan plak di pembuluh darah. Aliran darah akan terganggu, terutama di arteri koroner. Akibatnya akan muncul rasa nyeri di dada.

Untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, maka kamu bisa menurunkannya dengan cara alami yaitu perbanyak konsumsi makanan tinggi serat serta minum banyak air putih.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *