Kanker Tulang, Penyakit yang Langka Tanpa Mengenal Usia

Kanker Tulang, Penyakit yang Langka Tanpa Mengenal Usia. Kalau kita mendengar kata kanker sudah tentu banyangan kita adalah penyakit yang ganas. Kanker merupakan pertumbuhan sel jaringan tubuh yang abnormal. Kita sering menyebut kanker sama dengan tumor. Padahal tidak semua tumor itu kanker. Segala jenis benjolan yang abnormal itu disebut tumor. Kanker atau tumor ada dua macam jenisnya yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Tumor ganas merupakan pertumbuhan sel yang tidak wajar dan menjalar ke bagian tubuh yang lainnya dan ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup. Dan inilah yang disebut sebagai kanker. Sedangkan tumor jinak pertumbuhan selnya hanya pada bagian yang terserang saja.

Untuk kanker tulang merupakan kanker yang jarang terjadi. Hanya 5% dari total penyakit kanker diseluruh dunia. Tetapi penderitanya bisa siapa saja tanpa ada batasan umur. Berikut beberapa penderita kanker tulang :

  1. Seorang anak petani warga Desa Alue Tingkeum, Lhoksukon, Aceh Utara bernama Nur Aini (16) menghembuskan nafas terakhirnya, Minggu (11/6/2017). Dia menderita kanker tulang pada betis kanannya sejak 2015.
  2. Lolyta Agustina (20) meninggal dunia pada Senin (16/10/2017), penderita kanker tulang Sarkoma Ewing.
  3. Siti Khadijah (Ketty) yang lahir di Ulim Aceh Timur, 13 Juli 2005, menderita kanker tulang Osteosarcoma. Kondisinya sekarang harus berkutat diatas tempat tidur karena kanker yang menyerang kaki membuatnya tidak bisa beraktifitas.
  4. Gadis belia berusia 19 tahun bernama Erlita juga meninggal dunia pada 17 Agustus 2016 akibat kanker tulang yang menyerang sebelah kiri. Meskipun kakinya sudah diamputasi tetapi serangan kanker tulang begitu ganas sehingga nyawanya tidak tertolong.
  5. Agus Saefudin (19) warga Cimenyan, Kab. Bandung yang menderita kanker tulang Osteosarcoma yang menyerang kaki sebelah kiri sehingga kaki kirinya membengkak dan membesar dari atas lutut hingga ujung kaki. Penyakit itu dideritanya semenjak tahun 2016. Kondisinya memprihatinkan karena semua aktivitasnya dilakukan diatas tempat tidur.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya kanker tulang ini. Menurut teori bahwa kanker tulang terjadi karena adanya kesalahan waktu replikasi DNA pada sel tulang. Pada saat DNA yang terbentuk salah maka sel tulang berkembang secara tidak terkendali dan tumbuh dalam jumlah banyak. Pertumbuhan sel tulang yang tidak terkedali tersebut berkumpul dan menjadi sebuah tumor ganas.

Berikut beberapa gejala dan tanda yang sering terjadi pada kanker tulang :

  • Nyeri pada bagian tulang
  • Adanya benjolan pada tulang yang sakit dan terasa sedikit hangat
  • Patah tulang
  • Kecapekan atau kelelahan
  • Penurunan berat badan tanpa sebab

 

Demikian ulasan singkat mengenai kanker tulang semoga bermanfat. Tetap jaga kesehaatan dan patang menyerah pada keadaan.

 

BACA JUGA :

One thought on “Kanker Tulang, Penyakit yang Langka Tanpa Mengenal Usia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares