Kapan Sebaiknya Banyak Minum Susu Bagi Anak-anak

Kapan Sebaiknya Banyak Minum Susu Bagi Anak-anak

Kapan Sebaiknya Banyak Minum Susu Bagi Anak-anak. Sebagian besar kita mungkin sudah hafal lagu anak-anak ‘Pok Ame-ame”. Dalam lagu itu anak diajarkan untuk makan nasi disiang hari dan minum susu di malam hari. Itu hanya sekedar lagu atau memang seharusnya seperti itu.

 

Kapan Sebaiknya Banyak Minum Susu Bagi Anak-anak

Secara tidak langsung kita sudah terhipnotis dengan bunyi lagu itu untuk memberikan susu paling banyak adalah dimalam hari. Menurut ahli gizi klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi MARS MS SpGK, susu memang asupan sehat yang kaya akan kalsium. Agar penyerapan kalsium dari susu lebih maksimal, sebaiknya anak memang meminum susu di malam hari.

Namun begitu, dr Cindy tidak menganjurkan untuk menyuruh anak banyak minum susu di malam hari. Karena kemampuan usus terbatas yaitu hanya menerima 500 mg dari 1.200 mg kalsium. Jadi pemberiannya dibuat rata saja baik pagi siang mapun malam. Karena kalau kebanyakan minum susu bisa kembung.

Perlu diingat bahwa sumber kalsium sebenarnya tidak cuma dari susu. Kita bisa mendapatkannya dari sayuran, bahan makanan lainnya, dan suplemen tambahan karena mungkin beberapa susu kurang bisa mencukupi kebutuhan kalsium anak.

Kalsium memang sangat penting agar tulang kita kuat. Dan ini tidak bisa dipenuhi saat sudah dewasa, harus ditabung dan diupayakan sejak dini. Tulang itu ‘lumbung’ kalsium. Jadi sebisa mungkin anak dari kecil sudah mengumpulkan dan menabung kalsium. Kata dr. Cindy, pertumbuhan tulang di usia sekolah itu cukup pesat dan anak usia sekolah butuh 1.200 mg kalsium per hari.

Untuk pertumbuhan tulang, nggak bisa mengandalkan kalsium saja. Ada vitamin D yang juga mendukung pertumbuhan tulang. Karena itu dr Cindy juga menyarankan agar anak-anak usia sekolah tetap aktif melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya di luar ruangan. Hal ini agar anak-anak terpapar sinar matahari. “Riset dari Nutrigen, untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan kepadatan tulangnya, anak butuh vitamin D yang terbentuk di dalam tubuh akibat paparan sinar matahari,” papar dr Cindy.

Jadi kesimpulannya bahwa minum susu bagi anak itu perlu tetapi tidak harus di malam hari, dibuat merata dalam seharinya. Misal untuk sehari perlu tiga gelas susu, maka diminumnya bisa dibagi tiga kali yaitu pagi satu gelas, siang satu gelas, malam satu gelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *