Kebutuhan Karbohidrat Untuk Penurunan Berat Badan

Kebutuhan Karbohidrat Untuk Penurunan Berat Badan

Kebutuhan Karbohidrat Untuk Penurunan Berat Badan. Bagi mereka yang melakukan program diet penurunan berat badan, kebutuhan karbohidrat yang harus dikonsumsi sangat diperhatikan. Karena keberadaan karbohidrat mempunyai peranan penting sebagai sumber energi untuk aktivitas harian.

Kebutuhan Karbohidrat Untuk Penurunan Berat Badan

Perbandingan antara karbohidrat yang dikonsumsi dengan dengan karbohidrat yang dikeluarkan dalam bentuk energi terkadang luput dari perhatian. Sehingga yang terjadi akhirnya adalah karbohidrat didalam tubuh menjadi meningkat, sudah bisa dipastikan berat badan bukannya turun tetapi malah naik.

Seberapa besar kebutuhan karbohidrat untuk penurunan berat badan perlu diperhatikan bagi yang ingin berat badannya turun sesuai keinginan. Karena tanpa mengetahui seberapa besar karbohidrat yang masuk dengan karbohidrat yang keluar, maka program penurunan berat badan hanya tinggal program tanpa hasil.

Bagi Anda yang sedang diet penurunan berat badan, sebenarnya berapa banyak jumlah karbohidrat yang disarankan jika Anda ingin menurunkan berat badan? Berikut uraian singkatnya.

20-50 gram
Jumlah ini cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara cepat, apalagi jika Anda menderita obesitas atau diabetes. Jenis karbohidrat yang sebaiknya Anda konsumsi adalah sayur rendah karbohidrat, buah beri-berian, avokado, yogurt, kacang-kacangan dan biji-bijian.

50-100 gram
Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif, maka jumlah ini sangatlah disarankan. Kemudian sertai dengan banyak konsumsi sayuran 2-3 buah per hari, serta minimalkan konsumsi makanan bertepung.

100-150 gram
Jumlah ini disarankan untuk dikonsumsi mereka yang bertubuh kurus, aktif, namun tetap ingin sehat. Jenis karbohidrat yang disarankan adalah kentang, ubi, nasi merah, atau gandum.

Konsumsi karbohidrat sebenarnya didasarkan pada usia, jenis kelamin, komposisi tubuh, dan tingkat aktivitas. Mereka yang aktif secara fisik dan memiliki massa otot lebih banyak tentu disarankan untuk banyak makan karbohidrat. Sementara bagi mereka yang mengalami kegemukan disarankan untuk diet rendah karbohidrat sebab mengurangi konsumsi karbohidrat terbukti bisa mengurangi nafsu makan dan membuatmu makan lebih sedikit.

Anda juga bisa menerapkan diet tinggi protein untuk menjaga massa otot tetap terbentuk dan kebutuhan energi juga tetap terjaga sehingga karbohidrat tidak menumpuk.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *