Kenali dan Pahami 6 Tanda Kelebihan Garam dalam Tubuh

Kenali dan Pahami 6 Tanda Kelebihan Garam dalam Tubuh. Garam merupakan salah satu penyedap rasa masakan agar terasa lebih sedap dan tidak hambar atau tawar. Dalam takaran yang wajar atau sesuai aturan, maka garam tidak akan membahayakan bagi kesehatan. Tetapi kalau sudah melebihi takaran, penyakit yang akan didapat.

Kenali dan Pahami 6 Tanda Kelebihan Garam dalam Tubuh
Beberapa gangguan kesehatan yang akan timbul bila konsumsi garam secara berlebihan diantaranya volume darah meningkat, tekanan di pembuluh darah meningkat, bagi yang memiliki resiko tinggi bisa menyebabkan terjadi serangan jantung dan stroke.

Untuk itu, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Kenali dan Pahami 6 Tanda Kelebihan Garam dalam Tubuh. Berikut penjelasan singkatnya.

Bengkak

Jika kaki dan mata terasa bengkak di pagi hari, bisa jadi Anda terlalu banyak mengkonsumsi garam. Kondisi ketika tubuh mengandung air yang banyak akibat asupan garam yang tinggi, dan itu disebut edema. Jadi perhatikan jumlah garam pada makanan yang masuk ke perut.

Haus berlebihan

Sodium yang ditemukan terkandung dalam garam dapat membantu menyeimbangkan tubuh. Namun ketika Anda terlalu banyak konsumsi garam, maka tubuh juga butuh lebih banyak cairan untuk membantu membersihkan sistem tubuh sehingga otot dan organ lain dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengembalikan keadaan normal, minum air adalah cara yang baik mengembalikannya.

Perbedaan warna urin

Menkonsumsi banyak garam membuat ginjal bekerja keras untuk mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal yang biasanya ditandai dengan dengan buang air kecil lebih sering. Terlalu banyak sodium pada tubuh mengakibatkan kehilangan cairan yang sering menyebabkan dehidrasi. Ketika kehilangan cairan yang banyak dari tubuh, urine yang dikeluarkan akan berubah menajdi kuning kegelapan.

Kram otot

Keseimbangan natrium dan kalium yang tepat penting untuk kesehatan, karena unsur kimia ini berfungsi untuk kontraksi otot. Jika Anda mengkonsumsi garam terlalu banyak, maka akan mengalami kram dan nyeri pada otot.

Sakit kepala terus menerus

Konsumsi garam berlebih membuat volume darah meningkat, sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak ruang di pembuluh darah. Jika ini terjadi maka bisa terjadi tekanan darah tinggi, dan dapat memicu sakit kepala yang parah.

Masalah kognitif

Hipertensi yang disebabkan oleh asupan garam yang tinggi dapat merusak arteri yang menuju ke otak. Ini bisa mempengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi pada pekerjaan sehari-hari. Bukan tidak boleh mengkonsumsi garam, garam juga dibutuhkan oleh tubuh. Namun yang harus diperhatikan adalah batasi dan perhatikan jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh.

Sumber : health.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares