Ketahuilah 4 Tanda Kondisi Usus Anda Tidak Sehat

Ketahuilah 4 Tanda Kondisi Usus Anda Tidak Sehat

Ketahuilah 4 Tanda Kondisi Usus Anda Tidak Sehat. Kondisi kesehatan tubuh banyak dipengaruhi oleh apa makanan yang dikonsumsi, baik itu makanan sehat maupun makanan yang tidak sehat. Organ tubuh yang paling terpengaruh akan makanan adalah organ pencernaan seperti usus.

Ketahuilah 4 Tanda Kondisi Usus Anda Tidak Sehat

Usus merupakan organ penting yang dimulai dari lambung sampai anus yang berperan untuk menyerap air dan nutrisi. Untuk itu kesehatan usus perlu dijaga dan diperhatikan. DIkutip dari detikhealth, inilah tanda-tanda usus  sedang tidak sehat :

Merasa nge-down

Ternyata ada hubungan kuat antara usus dengan otak. Di kala ada masalah di usus bisa menyebabkan perasaan-perasaan emosional. Seperti kita merasa cemas dan kesal di kala mengalami sembelit, diare, atau kembung.

Penelitian terbaru menunjukkan adanya microbiome yang secara langsung memengaruhi neurotransmiter di otak dan memengaruhi cara kita berpikir dan merasa.  Dengan mengonsumsi makanan kaya prebiotik memiliki dampak baik bagi kesehatan usus. Bahkan, dalam penelitian disebut bahwa prebiotik juga dapat mengurangi hormon kortisol yang menyebabkan stres.

Gampang sakit

Penelitian membuktikan bahwa sebagian besar sistem kekebalan tubuh berkaitan dengan saluran pencernaan, dan sel-sel di usus lah yang berkaitan dengan sejumlah besar penyakit. Jika usus terdapat masalah, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah sakit

Jadi lebih sensitif pada makanan tertentu

Orang dengan kesehatan usus yang tidak baik menjadi tidak sadar ia lebih sensitif terhadap makanan tertentu.

Menurut nutrisionis, Lee Holmes, seperti dikutip dari Brydie mengatakan kadang-kadang alergi atau kepekaan bisa menandakan usus ada masalah, yang berarti bahwa permeabilitas usus Anda terganggu dan partikel makanan yang tidak dicerna dapat membuat jalan mereka melalui lubang kecil dan masuk ke aliran darah.

Pada tahap ini, sistem kekebalan tubuh akan menandai makanan-makanan tertentu sebagai penyerbu asing dan memicu respon kekebalan.

Kembung terus-menerus

Menurut Holmes, perut kembung sering disebabkan oleh gas yang berlebih. Pada dasarnya, hal ini terjadi karena tubuh sedang berjuang untuk mencerna makanan tertentu, seperti protein dan karbohidrat yang tidak seimbang. Holmes menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter jika terjadi kembung terus-menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *