Keuntungan Berhenti Merokok dalam Hitungan Menit

Keuntungan Berhenti Merokok dalam Hitungan Menit

Keuntungan Berhenti Merokok dalam Hitungan Menit. Keputusan untuk berhenti merokok memang keputusan yang tidak bisa dianggap enteng bagi mereka yang sudah kecanduan. Adanya kandungan nikotin dalam rokok membuat siapapun yang sudah menghisapnya akan timbul sifat adiksi atau ketergantungan. Sehingga sangat sulit membuat mereka menghentikan kebiasaan merokok.

 

Keuntungan Berhenti Merokok dalam Hitungan Menit

 

Bisa dibilang menyuruh para perokok untuk berhenti merokok merupakan pilihan hidup dan mati. Bagi mereka yang perokok, berhenti merokok sama saja menyuruh mereka mati. Tapi bagi mereka yang bukan perokok, justru merokok akan membunuhmu, seperti slogan dalam iklan rokok.

Sekarang ini, tidak merokok adalah larangan untuk tempat-tempat tertentu saja dan terbatas. Tetapi masih banyak tempat lain orang dengan bebas merokok. Sehingga pihak Kementerian Kesehatan juga masih menghimbau dan menghimbau untuk berhenti merokok.

Kampanye yang masih dan juga perluasan tempat pelarangan merokok memang perlu dilakukan. Karena begitu besarnya manfaat berhenti merokok bahkan pada beberapa menit awal. Seperti yang dikampanyekan oleh  Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI.

Berikut ini keuntungan berhenti merokok dalam hitungan menit :

– 20 menit : Tekanan darah, denyut jantung dan aliran darah tepi membaik.

12 jam : Hampir semua nikotin dalam tubuh dimetabolisme. Lalu, tingkat karbonmonoksida dalam darah kembali normal.

24-48 jam : Nikotin mulai tereliminasi dari tubuh. Fungsi pengecap dan penciuman mulai membaik. Sistem kardiovaskular meningkat jadi lebih baik.

 

Pada tahap selanjutnya akan terjadi perbaikan fungsi paru :

– 5 hari : Sebagian besar metabolit nikotin dalam tubuh sudah hilang. Fungsi perasa/pengecap dan pembau jauh lebih membaik. Sistem kardiovaskular juga terus meningkat.

– 2-6 minggu : Risiko infeksi pada luka setelah pembedahan berkurang. Fungsi silia saluran napas dan fungsi paru membaik. Napas pendek dan batuk-batuk mulai berkurang.

– 1 tahun : Risiko penyakit jantung koroner menurun setengahnya dibanding orang yang tetap merokok.

 

Pada tahap ini risiko terjadinya kanker paru berkurang :

– 5 tahun : Risiko stroke menurun pada level seperti orang yang tidak pernah merokok.

– 10 tahun : Risiko kanker paru berkurang.

– 15 tahun : Semua penyebab kematian dan risiko penyakit jantung koroner menurun pada level yang sama seperti pada orang yang tidak pernah merokok.

 

Perbaikan yang terjadi dalam tubuh itu nyata dan benar adanya, tetapi karena efek adiksi nikotin begitu kuat, para perokok itu seolah mengabaikan info sehat ini. Untuk itulah diperlukan kampanye larangan merokok ini dengan begitu masif agar benar-benar mengena ke sasaran.

Baca Juga : Cara membersihkan paru-paru akibat asap rokok

Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *