Kimchi Bukan Sekedar Makanan Tapi Juga Menyehatkan

Kimchi Bukan Sekedar Makanan Tapi Juga Menyehatkan. Rasa kimchi yang lezat dan telah dikagumi banyak Negara, selain sebagai makanan juga mempunyai manfaat kesehatan yang bagus. Hasil studi dengan sejumlah bukti kualitatif yang didukung oleh beberapa penelitian menunjukkan bahwa kimchi juga mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Kimchi Bukan Sekedar Makanan Tapi Juga Menyehatkan

Inilah beberapa manfaat kesehatan utama dari kimchi :

Mengatur Kolesterol

Mengkonsumsi kimchi secara rutin memiliki efek menguntungkan pada kadar kolesterol. Bawang putih, yang digunakan untuk menyiapkannya kaya akan selenium dan allicin. Allicin adalah komponen unggulan yang membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko pengembangan kelainan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selenium juga memberi efek perlindungan pada dinding arteri dengan mencegah pembentukan plak dan mengurangi ancaman aterosklerosis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kimchi yang difermentasi membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (buruk) beserta konsentrasi glukosa darah dalam tubuh.

Sifat antioksidan

Kimchi kaya akan antioksidan. Antioksidan ini bersama dengan fenol dan flavonoid yang ada di dalamnya memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif dan melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

Mengobati Dermatitis Atopik

Kehadiran bakteri lactobacillus di kimchi menjadikannya bumbu multi talenta. Hal ini memperluas efek terapi pada berbagai penyakit kulit seperti dermatitis atopik yang ditandai dengan meningkatnya kadar imunoglobulin E dan lesi kulit seperti edema dan perdarahan. Sebuah studi yang dilakukan telah menunjukkan bahwa bakteri sehat yang ada dalam kimchi yang difermentasi memberikan efek penekanan pada dermatitis dan membantu mengurangi peradangan.

Menurunkan Berat Badan

Kimchi adalah sumber bakteri lactobacillus sehat yang digunakan tubuh. Bakteri yang baik ini juga membantu menurunkan berat badan dengan mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah. Kandungan serat yang ada di dalamnya membuat tubuh Anda kenyang untuk jangka waktu lama yang mencegah Anda dari makan berlebih.

Sebuah studi yang dilakukan pada pasien obesitas telah menunjukkan efek menguntungkan kimchi pada tubuh sehubungan dengan indeks massa tubuh (BMI), lemak tubuh yang membantu dalam mengurangi perkembangan faktor yang terlibat dalam sindrom metabolik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kimchi multi nutrisi dan kaya akan berbagai komponen flavonoid dan fenolik. Berbagai ramuan termasuk jahe, bawang putih, dan paprika yang terlibat dalam pembuatan kimchi adalah pelindung super yang terkenal karena efeknya yang menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh. Dapat membantu dalam memerangi infeksi dan sangat bagus dalam menyembuhkan gejala flu dan flu.

Anti Penuaan

Manfaat berharga lain yang diberikan oleh kimchi adalah mengatasi anti penuaan yang dapat dikaitkan dengan adanya antioksidan dan vitamin C. Sebuah penelitian yang menginformasikan aktivitas anti-penuaan kimchi telah membantu dalam mengatur dan menipiskan peradangan yang mempercepat proses penuaan.

Kajian yang sama juga menunjukkan hasil yang berkaitan dengan faktor-faktor seperti pengurangan stres oksidatif dalam sel, penghambatan peroksidasi lipid dan memperpanjang umur pada subjek yang membuat kimchi sebagai komponen anti penuaan yang manjur.

Mencegah Kanker

Kimchi adalah makanan berharga yang membantu mengurangi risiko berkembangannya berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada sampelnya telah memvalidasi sifat anti-kankernya. Kubis yang ada di dalamnya mengandung flavonoid sehat yang diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Pencegah kanker kuat lainnya hadir dalam silika seperti kubis adalah glukosinolat. Glukosinolat memecah membentuk isothiocyanates yang terkenal karena efektivitasnya melawan pertumbuhan kanker.

Mengobati Diabetes

Kimchi bermanfaat dalam mengobati diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2 dengan diet tinggi lemak yang diberi kimchi mengungkapkan sifat anti-diabetes. Studi ini menunjukkan toleransi glukosa yang lebih baik dan kadar glukosa puasa yang lebih rendah setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kimchi pada penderita diabetes. Kimchi bisa lebih bermanfaat dalam diabetes jika dikonsumsi dengan diet normal atau rendah lemak, bukan makanan berlemak tinggi.

Mengurangi tukak lambung

Kimchi memberikan efek terapi pada gastritis dan penyakit ulkus peptik yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Sebuah studi yang dilakukan dalam hal ini telah menunjukkan bahwa aktivitas antagonis atribut kimchi terhadap banyaknya bakteri Lactobacillus yang menghambat patogen berbahaya dari sel kanker lambung manusia.

Demikian informasi sehat dari kimchi, makanan Korea yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : www.organicfacts.net

Baca Juga : Nilai Gizi Kimchi dan Manfaatnya untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *