Komplikasi yang Disebabkan Oleh Diabetes Melitus Tidak Terkontrol

Komplikasi yang Disebabkan Oleh Diabetes Melitus Tidak Terkontrol

Komplikasi yang Disebabkan Oleh Diabetes Melitus Tidak Terkontrol. Seseorang yang menderita diabetes melitus sebenarnya sudah membahayakan, karena diabetes merupakan salah satu silent killer. Apalagi jika penyakit diabetes melitus tersebut tidak terkontrol, tentu akan menimbulkan masalah bagi organ tubuh yang lain.

Komplikasi yang Disebabkan Oleh Diabetes Melitus Tidak Terkontrol
Kondisi kadar gula darah adalah yang menjadi penentu apakah diabetes melitus itu dalam keadaan terkontrol atau tidak. Karena kadar gula darah yang tidak terkontrol bagi penderita diabetes, akan menimbulkan komplikasi. Seperti dikutip dari health.detik.com, 4 Komplikasi yang Disebabkan Oleh Diabetes Melitus Tidak Terkontrol.

Penyakit ginjal

Jangan anggap sepele pemeriksaan kadar gula darahmu. Ketika sudah terkena diabetes dan tidak menjaga gula darah agar ada pada angka normal bisa berbahaya untuk ginjalmu. Penyakit ginjal adalah komplikasi umum karena kadar glukosa yang tinggi menyebabkan ginjal menyaring terlalu banyak darah, membuatnya bekerja ekstra keras, menurut American Diabetes Association. Produksi limbah dapat menumpuk dan membuat ginjal berhenti bekerja.

Masalah penglihatan

Kondisi yang disebut retinopathy diabetik dapat mempengaruhi penglihatan dari waktu ke waktu ketika kamu memiliki kadar gula darah yang tidak terkontrol. Kelebihan glukosa menyebabkan kerusakan pada pembuluh di retina, yang merupakan bagian dari bagian belakang mata. Gejala yang muncul termasuk di antaranya penglihatan buram dan penglihatan pada siang atau malam yang lebih buruk. Retinopati diabetik yang tidak diobati bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.

Penyakit jantung

Diabetes bisa mematikan lewat jantung. Mayoritas pasien akan mengalami beberapa kejadian terkait aterosklerosis (pengerasan dan penebalan arteri),” kata Lewy-Alterbaum. Glukosa darah tinggi dari waktu ke waktu merusak jantung, dan mereka yang memiliki diabetes kemungkinan telah memiliki masalah yang berhubungan dengan jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Pasien yang mengalami gangguan jantung karena diabetes biasanya hanya memiliki gejala yang samar.

Stroke

Kamu dua atau empat kali lebih mungkin mengalami stroke ketika memiliki diabetes, lapor American Stroke Association. Ini karena kelebihan glukosa dalam tubuh dapat menyebabkan lebih banyak endapan lemak atau gumpalan di dinding pembuluh darah. Gumpalan tersebut pun kemungkinan menimbulkan penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah yang akhirnya dapat menghentikan aliran oksigen ke otak dan menyebabkan stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *