Konsumsi Ikan Baik Untuk Pertumbuhan dan Kesehatan

Konsumsi Ikan Baik Untuk Pertumbuhan dan Kesehatan. Tidak semua orang suka makan ikan, padahal banyak manfaat yang terkandung dalam ikan. Baik untuk pertumbuhan maupun untuk menjaga kesehatan. Banyak alasan orang tidak menyukai ikan, ada yang alergi atau karena banyak durinya.

Konsumsi Ikan Baik Untuk Pertumbuhan dan Kesehatan

Jika dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, kadungan kalori ikan lebih rendah tapi proteinnya tetap tinggi. Ada lagi kandungan asam lemak omega-3, kalsium, vitamin, dan mineral yang ada dalam ikan. Dan negara kita kaya akan ikan. Bahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan sendiripun mencanangkan agar kita gemar makan ikan.

Berikut ini adalah penjelasan dariĀ Shape, mengenai begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila kita rajin mengkonsumsi ikan :

Baik untuk jantung
Banyak sumber menyatakan bahwa ikan baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi ikan, seperti ikan salmon dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. Selain itu makan ikan juga membantu menurunkan tekanan darah.

Bagus untuk perkembangan bayi
Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang penting untuk perkembangan sel-sel otak pada bayi. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Tohoku di Jepang, asam lemak pada ikan juga bisa mencegah anak mengalami tingkat kecemasan yang berlebihan.

Mengurangi risiko diabetes
Tingginya kadar lemak jenuh pada daging merah membuat berat badan cenderung bertambah. Dibandingkan dengan ikan, selain kaya protein, ikan tampaknya menghasilkan kadar glukosa lebih rendah sehingga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Mencegah kanker kulit
Berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu, sehingga membuat Anda rentan terhadap kanker kulit. Sebuah studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition mengamati bahwa mengonsumsi omega-3 yang dapat ditemukan pada minyak ikan bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menunda proses penuaan kulit.

Mempertajam ingatan
Manfaat lain mengonsumsi banyak omega-3 adalah mempertajam ingatan terkait usia. Sebuah studi gabungan oleh Rush University Medical Center di AS dan Universitas Wageningen Belanda, yang mempelajari lebih dari 900 orang dengan usia rata-rata 80-an tahun, menemukan bahwa mereka yang makan makanan laut tak cepat mengalami penurunan kognitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares