Lima Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Kulit yang Menyerang Anda

Lima Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Kulit yang Menyerang Anda

Lima Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Kulit yang Menyerang Anda. Saat ini penyakit kanker kulit sudah menjadi perhatian banyak masyarakat dunia. Hal ini tidak lepas dari adanya perubahan suhu yang cukup ekstrem yang terjadi di beberapa negara. Efek buruknya adalah penyakit kanker kulit akan mudah menyerang.

Lima Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Kulit yang Menyerang Anda

Serangan kanker kulit ini bisa terjadi disebabkan karena adanya kerusakan pada jaringan DNA (deoxyribonucleic acid) pada kulit. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya mutasi genetik dan sel pada kulit akan tumbuh berlipat ganda jumlahnya dan akhirnya membentuk tumor.

Dilansir dari detikHealth, berikut ini Lima Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Kulit yang Menyerang Anda :

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet bisa menyebabkan kulit serasa terbakar, hal tersebut bisa memicu timbulnya kanker kulit di tubuh. Secara rata-rata orang yang mengalami kulit terbakar akibat sinar matahari lebih dari 5 kali kemungkinan akan terkena kanker kulit 2 kali lebih besar dari orang pada umumnya. Sebaiknya menggunakan lotion pelindung sinar matahari.

Usia

Seiring bertambahnya usia, risiko terkena kanker kulit juga semakin besar. Hal ini terjadi karena akumulasi dari paparan sinar matahari yang terkena lebih banyak dibandingkan dengan usia yang lebih muda. Pada tahun 2017 tercatat bahwa terdapat 50 kasus kanker kulit pada setiap 100.000 orang yang ada.

Jenis kelamin

Kanker kulit masih menjadi ancaman yang besar bagi laki-laki dibandingkan dengan wanita. Satu alasan yang bisa menjadi latar belakang hal ini adalah karena laki-laki cenderung kurang peduli terhadap perlindungan kulitnya dibandingkan dengan wanita. Para peneliti juga percaya bahwa kulit laki-laki lebih rentan terkena kanker kulit karena kulit laki-laki lebih tipis dibandingkan wanita sehingga memiliki lebih sedikit lemak dan kolagen yang bisa mempengaruhi perkembangan sel kanker.

Melakukan terapi medis tertentu

Orang yang menggunakan terapi medis tertentu seperti sinar radiasi dan ultraviolet untuk penyakit psoriaris bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Pasien yang melakukan transplantasi organ dan mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa membuat kemampuan imun menjadi berkurang dalam melawan ancaman kanker kulit.

Virus

Virus seperti Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyebabkan jumlah serta kemampuan imun dalam melawan penyakit berkurang bisa menyebabkan kanker kulit tumbuh di tubuh. Selain yang menyerang imun, virus seperti Human Papilloma Viruses (HPV) yang menyerang genital, anus atau kulit juga bisa menyebabkan kanker kulit di area sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *