Lima Makanan Ringan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Lima Makanan Ringan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk. Makanan ringan atau camilan selalu menemani mereka yang suka ngemil. Seolah tidak lengkap bersantai tanpa ditemani cemilan. Ditambah lagi makanan ringan yang enak dan lezat rasanya akan bisa menjadi pengusir stres akibat tumpukan pekerjaan.

Lima Makanan Ringan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Berbicara mengenai camilan, perlu diperhatikan juga camilan yang juga membuat penikmatnya malah menjadi gemuk. Sebagai alternatif pilihan, berikut Lima Makanan Ringan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk, seperti dikutip dari Shape.

Buah berry

Aneka buah berry, seperti stroberi, blueberi, dan raspberi, merupakan camilan sehat yang paling bergizi dan kaya antioksidan. Buah-buahan kecil ini cukup pas dijadikan camilan saat Anda sibuk mengerjakan tugas-tugas pekerjaan penting. Karena mengerjakan tugas-tugas tersebut biasanya bikin stres. Nah, buah-buahan ini memiliki ragam sifat anti penuaan yang manjur. Semua buah beri juga mengandung serat yang tinggi sehingga cukup untuk memuaskan rasa lapar Anda.

Kacang-kacangan

Kacang bisa dijadikan camilan sehat karena mengandung protein yang bisa meningkatkan metabolisme Anda dan membakar lebih banyak kalori. Tapi, meskipun kacang-kacangan ini dikemas dengan protein, serat, dan lemak sehat, tapi ada baiknya batasi ukuran porsinya ya, agar jumlah kalori yang masuk dalam tubuh pun tak berlebihan. Dianjurkan untuk membeli kacang yang masih dalam cangkangnya sehingga Anda tidak akan tergoda untuk menghabiskan seluruh kacang tersebut setiap kali Anda duduk atau sedang santai-santai.

Buah-buahan kering

Sebelum menjadikannya sebagai camilan sehat, pastikan dulu untuk memeriksa daftar bahan sebelum mengonsumsinya. Pastikan tidak ada gula atau sirup yang ditambahkan. Karena buah-buahan kering pada dasarnya hanya buah-buahan segar dehidrasi. Sebuah studi oleh Journal of American College Of Nutrition mengungkapkan bahwa buah-buahan kering mengandung antioksidan dua kali lebih banyak daripada buah-buahan segar. Tapi, bukan berarti Anda dapat memakannya dalam jumlah besar ya, tetap Anda harus menjaga ukuran porsinya.

Popcorn

Popcorn microwavable yang dikemas mengandung jumlah sodium yang tinggi, jadi ambil sekantong biji popcorn biasa sebagai gantinya. Masukkan beberapa biji ke dalam mangkuk, campurkan dengan bumbu pilihan Anda dan panggang dalam oven. Popcorn biasa merupakan salah satu camilan sehat yang dapat Anda miliki karena mengandung rendah kalori, lemak dan kolesterol.

Selai kacang

Bisakah selai kacang dianggap sebagai makanan kesehatan? Harvard Medical School mengatakan ya! Selai kacang dikemas dengan serat, kalium dan protein. Selai kacang sebenarnya memiliki risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 atau penyakit jantung jika ditambah dengan roti atau makanan yang berkalori tinggi lainnya. Lebih baik, jika Anda memilih selai kacang, pilihlah yang tidak diproses dan juga tawar.

Sumber : health.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *