Lima Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat di Pagi Hari

Lima Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat di Pagi Hari

Lima Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat di Pagi Hari. Memulai hari dengan bangun pagi seolah berat sekali, rasanya malas dan seolah badan tidak mau diajak beranjak dari tempat tidur. Padahal alarm sudah dipasang dan disetel sedemikian rupa supaya bisa bangun pagi untuk segera memulai hari.

 

Lima Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat di Pagi Hari

Sebenarnya tidaklah susah memulai pagi hari dengan cara sehat. Beberapa trik sederhana ini bisa kamu lakukan agar nantinya bisa menjadi kebiasaan pagi harimu lebih berkualitas dan lebih sehat. Dikutip dari Women’s Health, berikut Lima Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat di Pagi Hari :

Minum air putih

Mulailah harimu dengan segelas air putih untuk mengisi kembali cairan tubuh saat kamu bangun tidur. Karena 70 persen tubuh kita terdiri dari air, jika kamu tidak memenuhinya maka kamu bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi yang berkepanjangan bisa menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.

Melakukan peregangan

‘Ngulet’ yang kamu lakukan tiap bangun tidur merupakan peregangan yang bagus. Akan tetapi supaya tubuhmu lebih terasa bugar di pagi hari, lakukanlah peregangan yang benar dan baik, misal lakukan peregangan harmstring atau beberapa pose yoga, bisa dilakukan diatas kasurmu. Peregangan atau stretching selama kurang lebih lima menit dapat melancarakan aliran darah dan mengurangi ketegangan.

Konsumsi makanan bernutrisi

Jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapan atau makan pagi merupakan bagian penting dari harimu, karena itu usahakan asupan sarapanmu merupakan makanan yang kaya nutrisi dan gizi. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan setidaknya satu dari 10 orang dewasa mendapatkan cukup nutrisi dari produk-produk yang berada di lorong supermarket.

Konsumsi banyak buah dan sayuran yang kaya akan vitamin. Atau kamu bisa membuat overnight oat, yang bisa kamu olah malam hari dan taruh di kulkas. Sehingga kamu dapat menikmatinya langsung pagi hari setelah bangun tidur tanpa repot-repot harus masak terlebih dahulu, dan tentu saja, sarapanmu sudah terjamin nutrisinya.

Makan sayur

Siapa yang nggak suka sayuran? Sayuran di pagi hari sangat penting bagi metabolisme dan bisa membantumu membakar kalori tanpa usaha. Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, sawi, pok choy dan kale bisa jadi pilihan sumber nutrisi dan vitaminmu. Di pagi hari, metabolismemu cukup lambat, sehingga kamu ingin membangkitkannya kembali. Sayuran berdaun hijau kaya protein merupakan sumber terbaik dari semua nutrisi antioksidan.

Jangan main ponsel

Kebiasaan mengecek ponsel di pagi hari memang sudah mendarah daging di kehidupan modern ini. Untuk menguranginya memang terdengan lebih mudah dibicarakan ketimbang dilakukan, tetapi hal tersebut sangat penting. Ada sebuah studi dari University of Pennsylvania, orang-orang yang membaca berita negatif di pagi hari kemungkinan besar 27 persen akan mengalami hari yang buruk ketimbang yang tidak membacanya. Dan tentu saja, mood yang memburuk akan mempengaruhimu seharian

Itulah Lima Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat di Pagi Hari. Segera praktekkan dan semoga bermanfaat.

Sumber : detikhealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *