Makanan Penambah Kalsium Bagi Anda yang Tidak Suka Susu

Makanan Penambah Kalsium Bagi Anda yang Tidak Suka Susu

Makanan Penambah Kalsium Bagi Anda yang Tidak Suka Susu. Kandungan gizi dari susu membuatnya mempunyai peran penting sebagai sumber nutrisi. Seperti Anda tahu bahwa dalam satu gelas susu ada  vitamin D, protein, dan juga lemak yang tinggi. Selain itu susu juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Makanan Penambah Kalsium Bagi Anda yang Tidak Suka Susu

Tetapi permasalahnnya adalah banyak juga orang yang tidak suka minum susu bisa juga karena punya alergi susu. Kebutuhan akan kalsium dalam tubuh haruslah mencukupi, karena peran kalsium itu sangat vital, yaitu sebagai zat pembentuk tulang, pelancar peredaran darah, pelentur otot, dan bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada bebeberapa makanan yang kandungan kalsium dan vitamin D nya cukup bagus untuk dijadikan sebagai pengganti susu, seperti disadur dari Times of India berikut ini :

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber kalsium dan zat besi terbaik bagi tubuh. Di samping itu, kacang juga mengandung protein yang cukup tinggi. Jadi jangan ragu memasukkan segala jenis kacang-kacangan ke dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Ikan
Ikan-ikan seperti sarden dan salmon mengandung kalsium yang sangat baik. Selain kaya akan protein, beberapa jenis ikan juga kaya akan kalsium yang diperlukan tubuh untuk perkembangan tulang. Untuk pengolahannya bisa dilakukan dengan cara dipanggang yang ditambah dengan sayuran ataupun salad.

Almond
Dalam 100 gram almond terdapat sekitar 264 mg kalsium yang bermanfaat menjaga kepadatan tulang. Selain kalsium, almond juga mengandung lemak essensial yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Untuk menambah selera, almond juga bisa dibuat menjadi susu. Satu gelas susu almond setiap hari sangat bergizi untuk tubuh.

Oatmeal
Tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama, rupanya oatmeal yang dicampur dengan air juga mengandung kalsium di dalamnya. Meskipun kuantitas kalsiumnya tidak tinggi, tapi oatmeal bisa sebagai pilihan untuk memenuhi dosis kalsium tubuh.

Jeruk
Jeruk adalah buah favorit semua orang, selain sumber vitamin C, jeruk juga mengandung kalsium. Agar tak kehilangan kalsium dalam jumlah besar, sebaiknya konsumsi jeruk dalam keadaan utuh. Irisan jeruk yang segar akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan membentuk tulang yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *