Mana yang Lebih Baik Minum Kopi atau Teh Saat Perut Kosong

Mana yang Lebih Baik Minum Kopi atau Teh Saat Perut Kosong

Mana yang Lebih Baik Minum Kopi atau Teh Saat Perut Kosong. Saat memulai pagi hari dengan segelas teh atau kopi ternyata tidak dianjurkan apabila kopi atau teh dikonsumsi saat perut masih belum terisi oleh makanan. Bukan hanya teh atau kopi yang tidak dianjurkan, tetapi minuman lain yang mengandung kafein juga tidak dianjurkan.

 

Mana yang Lebih Baik Minum Kopi atau Teh Saat Perut Kosong

Mana yang Lebih Baik Minum Kopi atau Teh Saat Perut Kosong

Konsumsi minuman mengandung kafein pada saat perut dalam keadaan kosong sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu naiknya asam lambung dan juga gangguan pencernaan lainnya, dan ini bisa kamu derita sepanjang hari. Disarankan minum segelas jus segar atau semangkuk buah, bisa juga segelas air putih hangat agar tidak timbul gangguan percernaan.

Dilansir dari detikHealth, berikut empat alasan kenapa tidak disarankan minum kopi atau teh disaat perut dalam keadaan belum terisi oleh makanan :

Membuat tubuh tambah dehidrasi

Menurut Lokendra Tomar, Pelatih Berat Badan dan Kebugaran, “teh bersifat diuretik yang berarti menghilangkan air dari tubuh kita. Tubuh kita sudah mengalami dehidrasi karena delapan jam tidur dan asupan air atau makanan, teh hanya menambah keadaan dehidrasi itu.” Lalu apa dampaknya? Tomar menjelaskan dehidrasi yang berlebihan akhirnya akan menyebabkan ketidakseimbangan mineral yang menyebabkan kram pada otot.

Mempunyai efek sebaliknya

Kafein dikenal sebagai penambah atau pendongkrak energi. Namun, memberi tubuhmu dosis kafein yang kuat saat perut kosong mungkin memiliki efek samping yang justru bikin kamu makin kacau. Ini mencakup mual, pusing dan sensasi tidak menyenangkan lainnya. Yang terbaik adalah minum teh atau kopi setelah mengisi perut dengan makanan terlebih dahulu.

Menyebabkan kerusakan email gigi

Ketika kamu mengonsumsi teh di pagi hari dengan tambahan gula sepertinya itu bukan pilihan yang tepat. Soalnya bakteri di mulutmu akan memecah gula yang mengarah ke peningkatan kadar asam di dalam mulut dan ini dapat menyebabkan erosi email gigi. Bahkan bisa menyebabkan radang gusi karena bakteri yang berlebihan menumpuk. Karena itu, dianjurkan untuk minum segelas air putih untuk memulai hari.

Menmbah masalah kalau ditambah susu

Beberapa orang menambahkan susu pada teh atau kopi mereka, tapi memberikan susu yang ditambahkan pada minuman tersebut saat perut kosong bisa membuat kamu makin tidak nyaman. Banyak orang menjadi kembung karena terlanjur tinggi laktosa pada susu. Tidak hanya mengarah pada timbunan gas di perut, malah hal tersebut dapat bermuara pada masalah sembelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *