Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur. Aktivitas pagi setelah bangun tidur ternyata mempunyai manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satunya adalah minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur. Kandungan mineral yang terkandung dalam air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan asal minum secara rutin.

 

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

 

Air mineral adalah minuman yang bisa menyembuhkan hampir semua masalah kesehatan Anda. Sebab air putih merupakan cairan yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Itulah sebabnya minum air putih saat perut kosong mampu memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Stella Metsovas, ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam ilmu pangan dan gizi dari California mengatakan, meminum air hangat pada pagi hari sangat baik bagi tubuh. Apalagi, ditambah rendaman lemon yang kaya polifenol atau dengan teh, terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh.

Minum air hangat meningkatkan pengencangan usus, dan ini dapat membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus. Selain itu, minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari dengan kondisi perut masih kosong memiliki tujuh manfaat yang baik bagi tubuh.

Ketujuh Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur adalah :

1. Mencegah penuaan dini

Keberadaan racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat menjadi kenyataan. Ketika tubuh kita menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat dalam hal ini bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, bisa membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang bisa menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda.

2. Mengurangi rasa sakit

Obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi adalah air hangat. Ini melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat adalah obat efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu merilekskan otot-otot di tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Anda mungkin pernah mendengar, meminum air hangat saat pagi hari mampu menurunkan berat badan. Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Air hangat dengan lemon juga mengendalikan keinginan untuk makan, karena lemon mengandung serat pektin.

4. Memperbaiki pencernaan

Segelas air hangat merangsang sistem pencernaan Anda dan membantu tubuh untuk lebih cepat mencerna makanan.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Segelas air hangat saat perut dalam kondisi kosong juga dipercaya bisa membuang toksin yang pada gilirannya membantu sirkulasi darah. Air hangat juga memberi efek rileks, membantu melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi yang buruk, dan melancarkan aliran darah.

6. Mengurangi sembelit

Banyak dari Anda telah mengalami efek konstipasi yang tidak nyaman dan menyebalkan. Masalah perut yang umum ini terjadi saat seseorang memiliki sedikit atau bahkan tidak ada pergerakan usus. Seringkali, penyebabnya adalah kekurangan air dalam tubuh. Sebelum Anda makan apa pun, konsumsi segelas air hangat untuk membantu memperbaiki gerakan usus Anda, sehingga “urusan ke belakang” lebih lancar.

7. Mempercepat tidur di malam hari

Mengonsumsi air hangat sesuah makan, terutama saat makan malam dan sebelum tidur, akan membantu tubuh rileks dan menenangkan saraf Anda. Ini bisa membantu menginduksi tidur.

Itulah 7 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur. Menurut Ayurveda, ilmu kesehatan dari India menyarankan untuk mengonsumsi secangkir air hangat pada saat makan. Ada pula ritual Water cure dari Jepang, menyarankan untuk minum empat gelas air setiap pagi tepat setelah bangun, bahkan sebelum menggosok gigi dan air yang diminum adalah air hangat dan tidak boleh terlalu dingin.

Dr. Rupali Datta, peneliti dari Universitas Hyderabad, India, mengemukakan bahwa konsumsi air hangat sangat bagus untuk pembersihan sistem pencernaan internal. Ini mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. Di samping itu, minum air hangat meningkatkan suhu tubuh dan membantu melepaskan racun. Detoksifikasi akan mencerahkan kulit dan cegah pori-pori tersumbat.

Seorang ahli gizi, Anju Sood, menjelaskan, apabila mengonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya. Dengan demikian, sistem metabolisme akan mulai bekerja. Sehingga akan memicu pikiran untuk menuntut makanan dan merangsang rasa lapar.

Sumber : wormtraders.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *