Masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi mie instan

ACT – Aksi Cepat Tanggap

Masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi mie instan terlalu sering. Siapa yang tidak kenal mie instan. Siapa yang tidak pernah makan mie instan. Mie instan seperti makanan wajib para karyawan menjelang akhir bulan karena belum gajian terutama yang masi bujang. Kepraktisan dalam penyajiannya membuat mie instan jadi makanan favorit. Terutama bagi mereka yang tidak punya banyak waktu luang.

Tapi tahukah anda bahwa terlalu sering mengkonsumsi mie instan itu akan dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Berikut uraian singkatnya seperti dikutip dari Boldsky :

Tekanan darah tinggi

Instalasi Gas Medis

Orang yang menderita tekanan darah tinggi adalah orang yang kandungan sodium atau garamnya terlalu tinggi dalam darahnya. Sedangkan mie instan itu kandungan sodium atau garamnya sangat tinggi, sehingga akan sangat berbahaya jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Masalah kesehatan yang akan timbul seperti tekanan darah tinggi atau gagal ginjal akan anda derita jika terlalu sering makan mie instan.

 

Meningkatkan resiko terkena kanker

Sehat Afiat

Kandungan MSG dan bahan pengawet yang terlalu banyak dalam mie instan akan memicu terjadinya kanker. Lebih meningkatkan lagi timbulnya masalah kesehatan jika mie instan dikemas dalam bahan berbentuk gelas. Karena bahan berbentuk gelas untuk wadah mie instan gelas terbuat dari bahan kimia yang tidak ramah terhadap kesehatan.

 

Merusak hati

SlideShare

Humectant sebagai bahan antibeku yang terkandung dalam mie instan sangat berpotensi menimbulkan masalah kesehatan yaitu hati menjadi rusak.  Humectant ini berperan sekali membuat mie menjadi cepat kering tetapi berbahaya bagi tubuh kalau terlalu banyak masuk ke dalam tubuh.

 

Kerusakan metabolisme

Ahlinya Obat Kanker

Kebiasaan makan mie instan yang berlebihan akan sangat berpengaruh dalam merusak sistem metabolisme tubuh. Zat pengawet, pewarna, perasa sangat berpotensi mengendap di dalam tubuh lalu berubah menjadi racun yang pada akhirnya akan merusak sistem metabolisme tubuh.

 

Orang yang gemuk, hipertensi, atau diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi mie instan. Seperti anjuran dr. Titi Sekarindah, MS, SpKG, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina. Pada orang normal juga jangan mengkonsumsi mie instan setiap hari, paling tidak dalam seminggu sekali saja karena mie instan ini makanan tidak sehat.

Itulah sekilas uraian tentang mie instan semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

 

BACA JUGA : Menjadi Orang Besar Atau Menjadi Orang Langsing

One thought on “Masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi mie instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares