Menjaga Makanan Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Menjaga Makanan Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Menjaga Makanan Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa. Selama menjalani obadah puasa di bulan Ramadhan ini, tentu godaan berupa makanan sangat mendominasi, karena memang mencolok mata. Terutama sore hari menjelang berbuka, banyak penjual makanan di pinggir jalan yang menggelar dagangannya dengan aneka makanan dan minuman yang siap disantap.

Menjaga Makanan Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Menu makanan yang beraneka ragam itu tentu akan menggugah selera siapapun yang memandangnya. Apalagi puasa Ramadhan itu berlangsung satu bulan penuh. Bagi siapa yang tidak tahan godaan makanan tersebut, sudah barang tentu akan membelinya untuk berbuka nanti.

Tapi ingat, jangan sembarangan menyantap menu makanan yang di beli karena terlihat enak tersebut. Perhatikan juga higienitasnya. Seperti yang disampaikan Intan Nurul Azni, Koordinator Laboratorium Fakultas Tehnologi Pangan dan Kesehatan Universitas Sahid Jakarta kepada detiHealth mengenai perlunya menjaga makanan agar tetap sehat selama berpuasa.

Perlu waspada dengan makanan yang berwarna mencolok

Ketika sedang berpuasa, makanan yang tampak berwarna-warni biasanya jadi salah satu poin menarik tersendiri untuk jadikan menu berbuka. Tapi ingat, kita juga tetap harus cerdas dalam memilah makanan yang aman untuk dikonsumsi saat berpuasa. Dikhawatirkan, makanan yang berwarna terlalu mencolok mengandung pewarna yang dilarang untuk makanan. Untuk menu-menu yang berwarna, sebaiknya hindari makan yang warnanya terlalu mencolok.

Jangan sembarangan memilih menu makanan

Ikan segar yang dijajakan di pasar adalah salah satu menu makanan yang menggiurkan. Belum lagi kandungan protein dan Omega-3 nya yang baik untuk kesehatan bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.  Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan yaitu antara ikan segar dan yang mengandung formalin.

Sudah tahu cara membedakannya? Untuk ikan misalnya, kalau yang mengandung formalin bau amis khas ikan itu berkurang. Mie dengan formalin juga lebih kenyal, begitu juga baso menjadi lebih kenyal.

Jangan membeli makanan berbau menyengat

Ketika kamu mencium makanan dengan bau menyengat yang tidak wajar, sebaiknya jangan dikonsumsi. Sebab, salah satu ciri dari bahan pangan yang mengandung boraks dan formalin adalah bahan makanan tersebut memiliki aroma menyengat yang berbeda dari aroma sebenarnya. Selain berbau menyengat, makanan mengandung boraks juga akan terasa getir. Biasanya setelah dimakan rasanya seperti ada rasa getir, tapi mungkin ini susah untuk deteksi awal karena harus dimakan dulu.

Perhatikan kemasan makanan

Menu wajib berbuka puasamu apa sih? Tidak sedikit yang melontarkan kata ‘gorengan’. Kalau kamu membeli gorengan atau makanan panas lainnya, sebaiknya menghindari kemasan plastik atau styrofoam. Lemak dan panas bisa memudahkan kandungan plastik dan styrofoam itu bermigrasi ke makanan. Kalau terpaksa pakai plastik, lihat logo yang biasa ada di bawahnya. Kalau dia logo food grade atau yang bisa untuk microwave, sebaiknya pilih yang itu saja. Lain halnya jika membeli gorengan dengan pembungkus kertas bekas, sebaiknya pilih kertas yang kontak langsung dengan makanannya berada di bagian yang tidak bertinta.

Itulah ulasan singkat perlunya menjaga makanan agar tetap sehat selama berpuasa. Nah, sekarang sudah tahu kan cara-cara makan sehat selama Ramadhan. Happy fasting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *