Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui dengan Makanan Sehat

Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui dengan Makanan Sehat

Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui dengan Makanan Sehat. Bagi seorang ibu akan sangat bahagia apabila bisa memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayinya secara eksklusif. Karena kebutuhan nutrisi penting sang bayi terdapat dalam ASI apabila ibunya juga konsumsi makanan bernutrisi.

 

Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui dengan Makanan Sehat

Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui dengan Makanan Sehat

Disatu sisi, ibu yang hamil akan mengalami kenaikan berat badan, dan ini bisa membahayakan apabila dibiarkan terus mengalami obesitas. Karena penyakit bisa mengancam setiap saat. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena program penurunan berat badan tetap bisa dilakukan saat sedang menyusui.

Syaratnya adalah Anda tidak boleh melakukan diet ketat. Anda harus tetap mengonsumsi makan sehat seimbang, rutin olahraga, dan perbanyak minum air putih. Ingat, aturan makan yang cocok untuk Anda adalah tetap harus sering makan, tapi dalam porsi yang lebih sedikit.

Berikut ini adalah Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui dengan Makanan Sehat, seperti dikutip dari hellosehat.com :

1. Sayur dan buah

Saat sehat, sakit, atau hamil, sayur dan buah menjadi makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi, termasuk juga saat menyusui. Bahkan, buah bisa jadi camilan sehat selama Anda menyusui. Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh Anda sekaligus penting untuk meningkatkan produksi ASI untuk bayi Anda. Anda bisa menikmati pepaya hijau, stroberi, alpukat, sawo, pisang, bayam, brokoli, selada, wortel, asparagus, dan ubi.

2. Makanan kaya protein

Dilansir dari Mom Junction, selama menyusui kebutuhan protein menjadi lebih tinggi. Makanan tinggi protein menjaga sel-sel pada tubuh Anda tetap sehat. Selain itu, protein yang terkandung pada ASI akan memperkuat otot bayi dan memberi energi pada bayi. Kekurangan protein saat menyusui membuat Anda mulah lelah dan kemungkinan juga bisa memengaruhi produksi ASI.

Agar berat badan dapat dikelola, sebaiknya makanan tinggi protein dikonsumsi saat sarapan. Anda bisa menikmati telur, kacang-kacangan, yogurt, tahu, susu rendah lemak, dan oat. Selain itu, sumber protein juga bisa Anda dapatkan dari daging ayam, sapi, dan ikan. Hanya saja, Anda harus memilih daging tanpa lemak.

3. Makanan mengandung lemak sehat

Terlalu sering mengonsumsi makan berlemak bisa menaikkan berat badan hingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, tidak semua lemak itu jahat. Tubuh tetap memerlukan lemak, yaitu lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3. Anda dapat memperoleh lemak tersebut dari berbagai jenis makanan. Misalnya, pada buah alpukat, hampir semua kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon dan tuna.

Baca Juga : Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *