Nilai Gizi Kimchi dan Manfaatnya untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Nilai Gizi Kimchi dan Manfaatnya untuk Kesehatan yang Luar Biasa. Manfaat kesehatan kimchi selain untuk kesehatan jantung yang membaik juga membuat sistem pencernaan kita menjadi sehat.

Nilai Gizi Kimchi dan Manfaatnya untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kimchi bisa membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, obesitas (kegemukan), dermatitis atopik (penyakit kulit) dan tukak gastrik (luka pada lambung). Selain itu kimchi juga kaya akan kandungan flavonoid dan probiotik yang bisa mencegah penuaan, mempertahankan tingkat kolesterol tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kita sudah tahu manfaat kesehatan kimchi. Tapi apa sebenarnya kimchi itu. Kimchi atau Kimchee adalah makanan tradisional dari Korea yang merupakan hasil fermentasi dari sayuran termasuk kol dan bumbu rempah dan bumbu. Ini adalah hidangan nasional Korea dan telah menjadi makanan pokok sejak lama.

Kimchi juga dibawa ke angkasa oleh astronot di pesawat ruang angkasa untuk dilakukan penelitian. Tujuannya untuk mengetahui bahwa kimchi ini akan tetap tidak berbahaya dan bebas bakteri bahkan setelah terpapar radiasi kosmik dan tetap aman untuk dikonsumsi. Kimchi ini disebut sebagai ‘space kimchi’.

Lalu istilah kimchi itu berasal dari mana. Istilah “kimchi” berasal dari kata Korea ‘shimchae’ yang berarti ‘sayuran yang diasinkan’. Kemudian, setelah mengalami banyak perubahan fonetik, istilah ‘kimchi’ masuk ke dalam gambar dan tetap bertahan sampai saat ini.

Menurut sejarah kimchi itu awalnya tidak lebih dari sekadar sayuran asin. Secara bertahap, beberapa rempah-rempah dan rasa ditambahkan ke kimchi dan akhirnya, sekitar kimchi abad ke-18 dimodernisasi dengan diperkenalkannya lada merah sebagai bahan utama. Sejarah kimchi ternyata berakar pada budaya agraris yang dimulai lebih awal dari periode tiga kerajaan semenanjung Korea.

Menghadapi cuaca yang sangat dingin yang membuat budidaya tanaman menjadi tidak memungkinkan, orang Korea mempunyai gagasan dengan metode penyimpanan yang disebut ‘pengawet’ untuk mengamankan makanan. Bahkan setelah banyak perubahan dan penambahan dilakukan dalam ramuannya selama berabad-abad, kimchi masih dipersiapkan dengan menggunakan metode memasak yang sama dan tetap memiliki kualitas dan manfaat yang sama seperti dulu.

Nilai gizi yang terkandung dalam kimchi itu seperti apa. Kimchi adalah serat rendah kalori, serat tinggi, dan kaya akan gizi. Kimchi adalah gudang dari berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Kimchi juga kaya akan asam amino esensial dan mineral seperti zat besi, kalsium, selenium.

Kimchi memiliki beragam antioksidan kuat yang mengesankan dan memberikan manfaat tambahan dari probiotik dalam bentuk bakteri lactobacillus. Kimchi mengandung banyak komponen bermanfaat termasuk capsaicin, klorofil, karotenoid, flavonoid, dan isothiocyanat dengan jumlah lemak dan gula rendah.

Itulah sedikit ulasan mengenai kimchi, makanan khas Korea semoga bermanfaat.

 

Sumber : www.organicfacts.net

Baca Juga : Tiga Alasan Kenapa Kita Harus Rutin Minum Jus Setiap Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *