Pahami Alasan Kenapa Suka Pusing Sesudah Makan

Pahami Alasan Kenapa Suka Pusing Sesudah Makan

Pahami Alasan Kenapa Suka Pusing Sesudah Makan. Solusi orang lapar hanya ada satu yaitu makan. Biasanya tanda orang lapar diantaranya adalah perut keroncongan, konsentrasi menurun, kepala pusing. Setelah menyantap makanan semua keluhan saat lapar tadi akan sirna.

Pahami Alasan Kenapa Suka Pusing Sesudah Makan

Tetapi ada satu yang terkadang masih bertahan yaitu pusing. Kita juga dibuat bingung dengan kondisi seperti ini, karena tidak biasa seperti kebanyakan yang dialami orang. Perlu Anda ketahui ada beberapa penyebab kenapa pusing justru setelah makan. Seperti dikutip dari detikHealth, inilah alasan kenapa kita suka pusing selesai makan.

Postprandial hypotension

Setelah konsumsi makanan, usus membutuhkan sejumlah darah dalam jumlah besar untuk memulai proses pencernaan. Ini membuat jantung memompa lebih keras dan lebih cepat untuk mengalihkan darah ke lambung dan usus. Ketika proses ini terjadi, pembuluh darah di bagian lain dari tubuh menyempit untuk membantu menjaga tekanan darah normal. Maka terjadilah postprandial hypotension atau penurunan berlebihan pada tekanan darah yang terjadi setelah makan.

Alergi makanan

Alergi makanan bisa memberikan dampak berbeda bagi tiap orang. Ada yang reaksinya gatal-gatal sehingga menimbulkan ruam merah pada kulit, atau bahkan bisa lebih ekstrem seperti kesulitan bernapas. Selain tekanan darah yang rendah, alergi juga dapat menjadi salah satu penyebab pusing seperti dilansir Very Well. Ketika itu terjadi, kamu mungkin merasa seolah-olah ruangan berputar, tetapi sensasi tersebut akan hilang ketika kamu berbaring.

Dehidrasi

Paling umum, gejala yang nampak dari dehidrasi adalah mulut yang kering dan urine yang berwarna kuning pekat. Tapi ternyata, dehidrasi juga bisa menyebabkan pusing atau pingsan. Salah satu tanda-tanda dehidrasi adalah tubuh merasa melayang ketika buru-buru berdiri dari posisi duduk atau tidur. Jangan anggap sepele, menurut Mayo Clinic, dehidrasi yang parah bisa menyebabkan komplikasi seperti pembengkakan otak, kejang, hingga gagal ginjal.

Hormon tidak seimbang

Kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh dapat berfluktuasi, dan perubahan ini menyebabkan banyak gejala, termasuk pusing. Konsumsi makanan yang kaya fitoestrogen seperti kacang kedelai, kacang polong, dan biji rami untuk membantu menyeimbangkan kadar hormon, demikian dikutip dari 34 Menopause Symptomps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *