Pengalaman Pertama Bayar Pajak Mobil Online dengan E Samsat Jabar

Pengalaman Pertama Bayar Pajak Mobil Online dengan E Samsat Jabar. Sebagai pemilik kendaraan bermotor, tentu setiap tahun akan mengalami rutinitas mengantri di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Ini membuktikan bahwa kita termasuk warna negara yang taat membayar pajak. Karena dari pajaklah sumber dana untuk membangun.

Mereka yang masih bekerja tentu harus meminta kelonggaran kepada atasannya untuk masuk kantor agak telat karena harus mengantri pagi-pagi di kantor samsat. Bagi yang datangnya siang, harus rela menunggu lebih lama karena sudah banyak yang mengantri sejak pagi.

Pengalaman Pertama Bayar Pajak Mobil Online dengan E Samsat Jabar

Sedang bagi mereka yang berdagang, tentu harus bergantian dengan anak, suami atau istri untuk menunggu barang dagangan, sementara ditinggal mengantri di kantor samsat. Dan tentu saja kondisi seperti ini akan sedikit menyita waktu mengantri seperti yang saya alami. Saya harus minta ijin agak siang ke kantor karena harus ke kantor samsat.

Pagi ini saya harus membayar pajak mobil di kantor samsat, tetapi malam sebelumnya sudah saya siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli serta uang untuk bayar pajaknya. Untuk foto copynya biasanya saya lakukan di tempat foto copy dekat samsat, karena selain di foto copy, mereka juga membantu menata urutan berkasnya, sehingga kita tinggal mengisi formulir dan menyerahkan ke loket.

Sekitar jam 07.15 saya pun berangkat ke kantor samsat dengan harapan masih belum padat dan antrian belum panjang, sehingga masih ada tempat duduk yang kosong. Tapi ternyata sesampainya di kantor samsat, tempat duduk sudah penuh bahkan ada beberapa orang yang terpaksa berdiri. Bisa saju jam lebih ini menunggu antrian, terlintas dalam benak saya.

Akhirnya saya pun menuju bagian informasi dengan maksud untuk meminta form isian agar bisa segera saya isi dan saya serahkan ke loket. Supaya tidak terlalu lama menunggu, karena di belakang saya sudah ada beberapa orang yang memiliki tujun yang sama untuk bayar pajak.

Setelah bertemu dengan personel bagian informasi, saya pun diarahkan untuk bayar pajak STNK online dengan terlebih dahulu install aplikasinya. Daripada harus mengantri paling tidak menunggu satu jam lebih, lebih cepat pakai e samsat online, begitu dia menjelaskan. Nama aplikasi yang harus diinstall adalah SAMBARA.

Akhirnya sayapun mengikuti arahannya untuk melakukan pembayaran pajak secara online. Memang benar, tidak lama saya menunggu, bukti bayar pajak mobil pun sudah diserahkan ke saya oleh petugas. Itulah Pengalaman Pertama Bayar Pajak Mobil Online dengan E Samsat Jabar. Baca Juga : Cara Bayar Pajak Kendaraan Online dengan E Samsat Depok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *