Perbedaan Mencolok Gaji Guru Import dengan Guru Lokal

Perbedaan Mencolok Gaji Guru Import dengan Guru Lokal. Berawal dari adanya sekolah nasional dan internasional, di Indonesia pun banyak sekali sekolah bertaraf internasional dengan harga cukup mahal untuk kebanyakan penduduk Indonesia. Tapi akhirnya label itu pun sudah di hapus oleh pemerintah karena di nilai tidak merata hasil pendidikannya.

Perbedaan Mencolok Gaji Guru Import dengan Guru Lokal

Ada salah satu sekolah berlabelkan international school. Sekolah ini memang sangat bagus. Setiap ruangannya dilengkapi penyejuk ruangan. Di dalamnya ada fasilitas kolam renang, lapangan futsal, lapangan bola basket, auditorium dan masjid serta perpustakaan. Toilet untuk siswa juga disediakan dan terpisah antara anak laki-laki dan anak perempuan. Tempat selalu bersih dan nyaman digunakan serta jumlahnya juga lumayan banyak.

Selain fasilitas di sekolah yang cukup memadai, jumlah gurunya sangat banyak dan berkualitas, bahkan disediakan juga native. Jadi ada dua kategori guru disekolah ini, yaitu guru local dan guru import. Kita biasa sebut local teacher dan native teacher. Banyak perbedaan antara local teacher dan native teacher. Mulai dari praktek jam mengajar, cara mengajar, bahkan gaji. Local teacher sesuai standard gaji nasional, sedang native teacher gajinya standard internasional.

 

Perbedaan Mencolok Gaji Guru Import dengan Guru Lokal

Perbedaan ini menunjukkan bahwa meski penjajahan seperti jaman Belanda dan Jepang dulu sudah tidak ada, tapi ternyata warga kita tetap harganya di bawah orang asing. Mempunyai kemampuan dan gelar yang sama tetapi local teacher tetap menjadi yang kedua. Jadi mental kita masih suka dengan hal-hal yang serba import, tidak hanya barang-barang komoditas, tetapi pengajarpun impor.

Seharian saya duduk di kelas dan memperhatikan native teacher sedang mengajar. Dia tetap menggunakan whiteboard, padahal dikelas sudah disediakan infocus yang bisa dipakai agar siswa bisa mendapat gambaran konkrit tentang materi. Bisa juga dengan menggunakan alat peraga agar siswa mendapat gambaran jelas tentang materi. Tetapi semua itu tidak dilakukan. Padahal kita sebagai guru local sudah menggunakan semua itu dalam mengajar, infocus dan juga alat.

Perbedaan Mencolok Gaji Guru Import dengan Guru Lokal

Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah bahwa native teacher tarifnya melebihi local teacher, meski guru lokal tersebut mengajar dengan sangat maksimal, menggunakan IT, mengajar menggunakan alat peraga atau media yang menarik. Jadi harus ada perubahan mindset, bahwa guru lokal justru kalau memang bagus, harus ada penghargaan yang seimbang.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares