Sejarah 12 November Diperingati Sebagai Hari Ayah Nasional di Indonesia

Sejarah 12 November Diperingati Sebagai Hari Ayah Nasional di Indonesia

Sejarah 12 November Diperingati Sebagai Hari Ayah Nasional di Indonesia. Memang masih jarang kita mendengar bahwa 12 November adalah Hari Peringatan Ayah Nasional. Selama ini mungkin kita sering terima broadcast berantai tentang hari ayah dan ternyata peringatannya itu ada.Bahkan saya sendiripun baru tahu.

Sebenarnya penetapan tanggal 12 November itu adalah merupakan Hari Ayah Nasional sudah dicanangkan 11 tahun yang lalu. Hari Ayah Nasional ditetapkan di Solo pada tahun 2006 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat beliau menjabat sebagai Presiden RI. Penetapan Hari Ayah Nasional (HAN) 12 November bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Ternyata pelopor perayaan Hari Ayah Nasional bukanlah kaum pria, melainkan sekelompok wanita yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tanggal 12 November 2006 di Pendopo Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah yang mengadakan Deklarasi Hari Ayah Nasional. Deklarasi ini juga digelar bersamaan oleh para anggota PPIP di Maumere, Flore, Nusa Tenggara Timur.

Usai deklarasi , mereka mengirimkan Piagam Deklarasi Hari Ayah Nasional kepada Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta beberapa bupati di 4 wilayah Indonesia, Sabang, Merauke, Pulau Rote dan Sangir Talaud.

Ketua PPIP saat itu, Gress Raja mengatakan, Hari Ayah lahir karena figur ayah sebagai bagian dari keluarga turut memegang peranan sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Ayah dan Ibu adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Selamat Hari Ayah Nasional.

 

Sumber : websitependidikan.com

Baca Juga : Inilah Penyakit yang Rentan Menyerang Anak Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *