Selamatkan Bumi Kita dari Global Warming Mulai Sekarang

Selamatkan Bumi Kita dari Global Warming Mulai Sekarang

Selamatkan Bumi Kita dari Global Warming Mulai Sekarang. Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita semua bahwa menjaga lingkungan adalah tugas bersama, bukan tugas satu dua orang saja.

 

Selamatkan Bumi Kita dari Global Warming Mulai Sekarang

 

Kondisi bumi yang sudah semakin tua dan banyak polusi dimana-mana harusnya membuat kita sadar dan paham bahwa untuk terus menjaga kelstariannya bukan malah merusaknya. Kesadaran akan menjaga lingkungan harus dimulai dari diri kita sebelum mengajak orang lain ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk menyambut peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mulailah melakukan hal-hal kecil yang berdampak besar terhadap kelestarian lingkungan. Dikutip dari Indiatvnews.com, berikut hal kecil yang bisa kita lakukan dimulai  dari lingkungan kita. Selamatkan Bumi Kita dari Global Warming Mulai Sekarang :

1. Mendaur ulang sebanyak mungkin

Membiasakan mengubah sampah menjadi barang dekorasi yang menarik, terutama plastik, cukup membantu mengurangi jumlah sampah. Sedapat mungkin, ciptakan barang-barang dari sesuatu yang telah ada sehingga dapat mengurangi limbah yang seharusnya menumpuk di tempat pembuangan akhir.

2. Membuat pupuk kompos dari sampah dapur

Ketimbang membuang sampah-sampah dapur yang seperti sayuran dan sisa makanan, ada baiknya Anda membuat pupuk dari limbah biodegradable tersebut. Dari sampah basar dapur tersebut, Anda bisa menjadikannya pupuk yang cukup bermanfaat.

3. Menghemat air

Menghemat penggunaan air memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Gunakan air seperlunya, bahkan saat menyiram tanaman bila Anda hobi berkebun. Cara yang paling mudah adalah mengelompokkan tanaman kecil dan besar bersama-sama. Ini dapat membantu menghemat air di musim panas. Dengan mengaturnya dalam bentuk berkelompok, tanaman besar akan melindungi tanaman kecil sehingga mengurangi tugas menyiram tanaman setiap hari.

4. Menambahkan tanaman pemurni udara di dalam/luar rumah

Ini dapat membantu membuat tempat Anda menjadi tempat yang lebih baik untuk bernapas. Aloe vera, Snake plant, Ficus, Tulsi, dan Pipal ada beberapa contoh tanaman yang efektif mendinginkan udara serta menghilangkan polutan dan virus berbahaya di udara. Menyimpan tanaman ini di kamar tidur bahkan dapat membantu Anda mendapatkan pasokan oksigen untuk tubuh.

5. Beralih ke Terakota daripada plastik dalam berkebun

Tumbuhan dan pohon memberi kita oksigen. Ironisnya, populasi utama dunia sekarang ini terbungkus plastik yang berbahaya bagi lingkungan dan tanaman. Cobalah mengganti plastik dengan terakota untuk membantu mengurangi sampah di dunia.

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *